Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Jalin Kerjasama Dengan BUMN Peternakan

Kompas.com - 23/03/2013, 20:08 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Wakil Rektor IPB Bidang Riset dan Kerja Sama Prof Anas Miftah Fauzi mengharapkan kerja sama antara pihaknya dengan BUMN Peternakan PT Berdikari (Persero) dapat optimal, baik untuk kepentingan penelitian maupun bagi kemajuan para peternak.

"Mudah-mudahan kita bisa mengembangkan kerja sama ini pada aspek lain baik itu di bidang pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk membina para peternak agar memiliki kemampuan produksi yang lebih baik," katanya di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/3/2013).

IPB juga mengharapkan melalui kerja sama itu terbuka kemungkinan bagi mahasiswa untuk dapat melakukan praktik kerja lapangan (PKL) ke PT Berdikari (Persero) atau mitranya.

"Dan kami juga berkeinginan tersedia tempat untuk penelitian para dosen agar bersama-sama mendapatkan suatu solusi untuk berbagai permasalahan yang kita pikirkan sekarang," katanya.

Menurut Anas Miftaf Fauzi, yang penting dampaknya mampu menghasilkan hal yang baik untuk masyarakat, khususnya para peternak. Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, MS.i menambahkan, kerja sama antara pihaknya dengan PT Berdikari (Persero) diwujudkan melalui penandatangananan Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Sidang Rektor Gedung Andi Hakim Nasution Kampus IPB Dramaga.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Berdikari (Persero) Librato El Arief menjelaskan, perusahaan itu merupakan satu-satunya BUMN Peternakan. "Sebenarnya kami ini merupakan ’holding company’ yang terdiri atas beberapa anak perusahaan, namun baru mulai pada April 2012 dimandatkan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk fokus di bidang peternakan," katanya.

"Alhamdulillah kita bisa bertemu di sini, bagi kami ini merupakan silaturahmi dan dapat menambah kecepatan kami dalam bergerak dalam hal data, keahlian, dan lain-lain," tambahnya.

Pihaknya menyadari inovasi di kalangan akademisi sangat tinggi, sementara inovasi-inovasi yang ada di kalangan akademisi ini membutuhkan wahana untuk implementasinya.

"Dan yang saya tahu sangat banyak sekali inovasi dari kawan-kawan di IPB. Mudah-mudahan dalam kesepakatan ini bisa secara bersama-sama dunia akademisi dengan kami BUMN bisa membangun peternakan di indonesia ini dengan berkesinambungan," demikian Librato El Arif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com