Kompas.com - 25/03/2013, 16:51 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan bahwa pencetakan buku untuk kurikulum baru akan dilakukan pada awal Mei mendatang. Sementara itu, untuk jumlah buku yang akan dicetak masih menunggu verifikasi data dari kabupaten/kota.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan revisi terhadap konten buku untuk kurikulum baru ini. Sementara itu, kabupaten/kota diberi kesempatan untuk melakukan verifikasi data hingga tanggal 2 Mei.

"Jadi kami lakukan koreksi buku, yang di daerah verifikasi data yang kami kirimkan. Nanti setelah diverifikasi pada tanggal 2 Mei akan diketahui jumlah pastinya dan lanjut dicetak," kata Nuh di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Ia juga menjelaskan bahwa perusahaan yang akan melakukan pencetakan buku ini juga bertanggung jawab atas distribusi hingga ke sekolah-sekolah yang menjadi sasaran pelaksanaan kurikulum baru. Distribusi buku ini dipatok paling lambat selesai pada tanggal 10 Juli mendatang.

"Paling lambat distribusinya selesai pada 10 Juli karena sekolah sudah dimulai pada 15 Juli. Paling tidak sebulan cetak, dua bulan untuk distribusi," jelas Nuh.

Untuk buku yang sampai ke sekolah ini ditujukan bagi siswa. Untuk buku yang diperuntukkan bagi guru akan didistribusikan hingga ke kabupaten/kota saja. Pasalnya, buku pegangan guru ini nantinya akan mulai digunakan saat pelatihan guru massal dimulai sekitar bulan Juni.

"Buku ada dua, yaitu buku murid yang sampai sekolah dan buku guru dikirim ke kabupaten/kota karena dipakai untuk pelatihan guru di tingkat kabupaten/kota tersebut," tandasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.