Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April, 78 Penerima Beasiswa Monbukagakusho Diberangkatkan

Kompas.com - 28/03/2013, 20:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 78 warga negara Indonesia menerima beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang pada tahun ini. Para penerima beasiswa itu akan segera diberangkatkan pada awal April.

Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Makita Shimokawa, dalam sambutannya di Kantor Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, kemarin, mengatakan, mendorong para penerima beasiswa untuk berjuang meraih mimpi besar yang sudah digantungkan.

Shimokawa juga mengharapkan para peserta bisa belajar menghadapi perbedaan budaya antara Indonesia dan Jepang serta kebiasaan hidup sehari-hari yang membingungkan.

"Jangan takut gagal, kalian semua harus mencoba hal baru," kata Shimokawa.

Para penerima beasiswa itu terdiri dari 33 orang penerima beasiswa program riset, 4 orang mahasiswa S-1, 21 orang untuk program D-3, serta 20 orang untuk menjalani program pelatihan profesional setara D-2.

Seluruh peserta selain yang tergabung dalam program riset akan menjalani pendidikan bahasa Jepang selama satu tahun terlebih dahulu sebelum melanjutkan studi sesuai masa tempuh programnya masing-masing.

Dalam acara yang sama, salah seorang perwakilan penerima beasiswa, Ida Bagus Hendra, mengatakan, persahabatan Indonesia dan Jepang sudah begitu melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

"Budaya Jepang terutama serial televisi dan kartun sudah sangat dekat dengan warga Indonesia, beasiswa ini adalah hadiah atas kerja keras kami selama ini," kata Ida Bagus.

Berdasarkan data Kedubes Jepang, saat ini sekitar 2.000 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang, yang sebagian besarnya merupakan penerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi, maupun perusahaan lainnya.

Beasiswa Monbukagakusho merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang yang mencakup biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apa pun. Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan, dan Makassar setiap tahun membuka pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com