Kompas.com - 28/03/2013, 21:57 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa pihaknya tetap membuka ruang bagi pihak yang berbeda pendapat dan ingin memberikan masukan terhadap kurikulum ini. Namun, dia menegaskan bahwa bukan waktunya lagi mengkritisi Kurikulum 2013 tanpa solusi perbaikan.

"Bukan waktunya lagi memperdebatkan kurikulum 2013 halal atau haram dan benar atau salah," kata Nuh saat Pemantapan Sosialisasi Kurikulum 2013 di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Ia juga menambahkan bahwa kurikulum ini adalah masalah akademik sehingga tidak ada sangkut paut dengan masalah politik yang sedang terjadi di Indonesia saat ini termasuk isu jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014).

"Kurikulum ini soal akademik bukan politik. Jadi bawa ke ranah akademik dan gunakan kajian akademik," jelas Nuh.

"Kami terbuka saja dan kami menerima orang yg mengkritik dan punya solusi. Kami sangat welcome dan kami terima dengan baik. Tapi jangan kritik ini salah itu salah dan nggak ada solusi dan semuanya yang kami buat selalu salah," imbuhnya.

Mengenai permintaan Aliansi Revolusi Pendidikan yang merupakan gabungan dari Indonesia Corruption Watch (ICW) dan berbagai serikat guru agar Kemdikbud melakukan uji publik ulang serta adanya debat publik terbuka. Nuh menilai langkah tersebut malah seakan mundur dari perkembangan yang berjalan saat ini.

"Kok malah mundur ya rasanya. Ini kan udah sejauh ini. Tapi ya monggo saja. Yang pasti kami terbuka kalau memang ada kritik dan solusinya," tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.