Kompas.com - 01/04/2013, 05:42 WIB
EditorBenny N Joewono

PONTIANAK, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengajak umat Kristiani untuk bersama-sama pemerintah menjaga dan membangun kehidupan yang harmonis dan damai.

"Mari menjalin kehidupan yang punya etika dan sopan santun sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus," kata Cornelis saat menyampaikan sambutan setelah Misa di Katedral, Pontianak, Minggu (31/3/2013).

Katedral tersebut tengah dibangun ulang dan sudah 70 persen realisasinya. Cornelis mengucapkan terima kasih namun gereja itu masih memerlukan sumbangsih baik pemikiran maupun dana demi kepentingan bersama.

Ia menambahkan, yang membuat hidup ini berarti adalah pengorbanan. "Bukan untuk diri sendiri tetapi pengorbanan untuk sesama umat manusia yang ada di muka bumi ini, dan Tuhan Yesus telah memberikan pengorbanan dalam hidup-Nya demi untuk orang lain," ujar dia.

Ia melanjutkan, dalam memperingati wafat-Nya Tuhan Yesus harus dapat memberikan makna dan arti pentingnya pengorbanan hidup untuk sesama. Cornelis mengatakan, umat Kristiani diharapkan ikut serta dalam gerakan-gerakan penebusan dosa melalui apa yang dilakukan Yesus dengan mengorbankan dirinya sampai disalib.

"Ini disebut prinsip cinta kasih sebagai inti ajaran dari Kristus yang tidak lain adalah memberi, bukan mengambil. Inti pengorbanan Kristus memberikan dirinya, mengorbankan supaya manusia hidup," ujar Cornelis.

Gerakan pelaksanaan ibadah ini, kata dia, adalah ajakan kepada umat-umat Kristiani supaya ikut dalam gerakan pengorbanan. "Memberikan diri untuk sesama supaya kita semua memiliki hidup," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.