Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Kalbar Ajak Umat Kristiani Jaga Keharmonisan

Kompas.com - 01/04/2013, 05:42 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengajak umat Kristiani untuk bersama-sama pemerintah menjaga dan membangun kehidupan yang harmonis dan damai.

"Mari menjalin kehidupan yang punya etika dan sopan santun sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus," kata Cornelis saat menyampaikan sambutan setelah Misa di Katedral, Pontianak, Minggu (31/3/2013).

Katedral tersebut tengah dibangun ulang dan sudah 70 persen realisasinya. Cornelis mengucapkan terima kasih namun gereja itu masih memerlukan sumbangsih baik pemikiran maupun dana demi kepentingan bersama.

Ia menambahkan, yang membuat hidup ini berarti adalah pengorbanan. "Bukan untuk diri sendiri tetapi pengorbanan untuk sesama umat manusia yang ada di muka bumi ini, dan Tuhan Yesus telah memberikan pengorbanan dalam hidup-Nya demi untuk orang lain," ujar dia.

Ia melanjutkan, dalam memperingati wafat-Nya Tuhan Yesus harus dapat memberikan makna dan arti pentingnya pengorbanan hidup untuk sesama. Cornelis mengatakan, umat Kristiani diharapkan ikut serta dalam gerakan-gerakan penebusan dosa melalui apa yang dilakukan Yesus dengan mengorbankan dirinya sampai disalib.

"Ini disebut prinsip cinta kasih sebagai inti ajaran dari Kristus yang tidak lain adalah memberi, bukan mengambil. Inti pengorbanan Kristus memberikan dirinya, mengorbankan supaya manusia hidup," ujar Cornelis.

Gerakan pelaksanaan ibadah ini, kata dia, adalah ajakan kepada umat-umat Kristiani supaya ikut dalam gerakan pengorbanan. "Memberikan diri untuk sesama supaya kita semua memiliki hidup," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com