Kompas.com - 01/04/2013, 10:38 WIB
|
EditorKistyarini

DENPASAR, KOMPAS.com — Sekitar 100 mahasiswa jurusan Bahasa Bali dari berbagai Universitas di Bali yang tergabung dalam Aliansi Peduli Bahasa Daerah se-Bali berunjuk rasa di Kantor DPRD Bali, Senin (1/4/2013). Para calon guru ini memprotes Kurikulum 2013 yang tidak mencantumkan muatan lokal Bahasa Bali.

Dalam Kurikulum 2013 yang akan diterapkan Juli mendatang, Bahasa Bali hanya dimasukkan ke dalam mata pelajaran seni budaya. Hal ini berimbas pada tidak keluarnya Uji Kompetensi Guru (UKG) Bahasa Bali dan diarahkan ke UKG Seni Budaya. Sementara itu, Bahasa Jawa dan Sunda dapat berdiri sendiri sebagai mata pelajaran bahasa daerah dan UKG daerah tersebut dilaksanakan sesuai bidangnya masing-masing.

"Bahasa Bali sudah diakui Unesco, sudah diakui dunia, yang kami inginkan dipisah dari Seni Budaya," ujar Ketua Aliansi Peduli Bahasa Daerah, I Nyoman Suka Ardiyasa, di sela-sela unjuk rasa.

Pengunjuk rasa menuntut kepada Pemerintah Provinsi Bali dan anggota DPRD Bali mendesak Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Pendidikan Nasional untuk mencantumkan pelajaran Bahasa Bali pada Kurikulum 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.