Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selasa Ini, Presiden Rapat Persiapan Kurikulum 2013

Kompas.com - 02/04/2013, 06:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan rapat kabinet terbatas bidang pendidikan untuk membahas perkembangan persiapan Kurikulum 2013 di Kantor Presiden Jakarta, Selasa. Rapat tersebut direncanakan pada pukul 14.00 WIB dan akan dihadiri oleh sejumlah menteri terkait.

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan pemerintah terus menyiapkan implementasi Kurikulum 2013 sebelum diberlakukan pada Juli, antara lain dengan mematangkan buku pelajaran dan menyiapkan proses pelatihan guru sesuai dengan kurikulum baru.

"Sekarang kami matangkan buku. Sedang proses. Buku selesai, lalu latihan guru. Latihan guru pun tidak terburu-buru. Kami akan manfaatkan musim libur, yaitu pertengahan Juni. Itu libur satu bulan kira-kira," kata Muhammad Nuh di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (14/3), usai rapat kabinet bidang ekonomi.

Ia mengatakan untuk masalah anggaran sudah disetujui oleh DPR sehingga tidak ada masalah.
Menurut dia, pelatihan guru dan juga penyusunan buku tetap dianggarkan baik ada kurikulum baru maupun tidak.

"Anggaran kita ini, ada kurikulum (baru, red.), tidak ada kurikulum (baru, red.), mesti ada pelatihan guru. Ada kurikulum, tidak ada kurikulum, mesti menyiapkan buku. Ada kurikulum, tidak ada kurikulum, mesti menyiapkan pelatihan kepala sekolah. Apa yang biasa dilakukan masing-masing direktorat sekarang diubah untuk kurikulum baru," katanya.

Ia mengatakan, instruktur nasional akan melatih guru inti. Selanjutnya, guru inti melatih guru secara masif pada Juni. Pelatihan instruktur nasional dan guru inti kira-kira mulai April atau Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com