Kompas.com - 02/04/2013, 06:36 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan rapat kabinet terbatas bidang pendidikan untuk membahas perkembangan persiapan Kurikulum 2013 di Kantor Presiden Jakarta, Selasa. Rapat tersebut direncanakan pada pukul 14.00 WIB dan akan dihadiri oleh sejumlah menteri terkait.

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan pemerintah terus menyiapkan implementasi Kurikulum 2013 sebelum diberlakukan pada Juli, antara lain dengan mematangkan buku pelajaran dan menyiapkan proses pelatihan guru sesuai dengan kurikulum baru.

"Sekarang kami matangkan buku. Sedang proses. Buku selesai, lalu latihan guru. Latihan guru pun tidak terburu-buru. Kami akan manfaatkan musim libur, yaitu pertengahan Juni. Itu libur satu bulan kira-kira," kata Muhammad Nuh di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (14/3), usai rapat kabinet bidang ekonomi.

Ia mengatakan untuk masalah anggaran sudah disetujui oleh DPR sehingga tidak ada masalah.
Menurut dia, pelatihan guru dan juga penyusunan buku tetap dianggarkan baik ada kurikulum baru maupun tidak.

"Anggaran kita ini, ada kurikulum (baru, red.), tidak ada kurikulum (baru, red.), mesti ada pelatihan guru. Ada kurikulum, tidak ada kurikulum, mesti menyiapkan buku. Ada kurikulum, tidak ada kurikulum, mesti menyiapkan pelatihan kepala sekolah. Apa yang biasa dilakukan masing-masing direktorat sekarang diubah untuk kurikulum baru," katanya.

Ia mengatakan, instruktur nasional akan melatih guru inti. Selanjutnya, guru inti melatih guru secara masif pada Juni. Pelatihan instruktur nasional dan guru inti kira-kira mulai April atau Mei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.