Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FE UI Buka Prodi Ilmu Ekonomi Islam

Kompas.com - 02/04/2013, 15:35 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) membuka program studi baru yang diproyeksikan akan menghasilkan tenaga kerja berkualitas di bidang perbankan syariah, yaitu Ilmu Ekonomi Islam untuk jenjang S-1. Program studi (Prodi) ini mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada tahun akademik 2013/2014.

Meski berbasis pada nilai dan moral agama Islam, namun prodi ini tetap bersifat ilmiah karena nilai dan moral agama tidak menghalangi secara objektif untuk menentukan hubungan kausal antar variabel. 

Beberapa mata ajar yang ditawarkan oleh prodi ini adalah Metodologi Ekonomi Islam, Makro dan Mikroekonomi Islam, Model Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan Islam, Ekonomi Moneter Islam, Ekonomi Internasional Islam hingga fiqh riba.

Bagi yang tertarik untuk menempuh pendidikan di prodi ini dapat mendaftarkan diri melalui tiga jalur masuk yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui nilai rapor atau jalur tertulis pertama melalui SBMPTN yang digelar 11-12 Juni 2013, dan jalur tertulis kedua melalui Simak UI. Untuk biaya pendidikan, mulai tahun akademik 2013/2014 semua fakultas di UI termasuk Fakultas Ekonomi menerapkan kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) . Kebijakan ini berdampak pada pembebasan uang pangkal sehingga bagi mahasiswa yang diterima cukup membayar Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan yang jangkauannya dari Rp100.000 - Rp 5.000.000 setiap semester untuk kelompok non-eksakta.

Untuk informasi lebih lengkap, dapat langsung membuka laman www.ui.ac.id atau dapat juga mengirimkan email ke pebs.feui@yahoo.com agar dapat lebih jelas bertanya mengenai informasi akademik program studi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com