Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unand Gelar Festival "Bunkasai"

Kompas.com - 04/04/2013, 01:07 WIB

PADANG, KOMPAS.com--Universitas Andalas (Unand) Padang mengadakan acara festival kebudayaan Jepang atau "Bunkasai" ke-9 di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis, 2-4 April.

"Acara ini digelar dalam rangka memperingati Ulang tahun ke tiga satu fakultas Ilmu Budaya Unand," kata Wakil Panitia Festival Kebudayaan Jepang atau "Bunkasai" ke-9, Yahya, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan ada beberapa kegiatan yang akan mengisi festival "Bunkasai" tahun ini antara lain seminar dan talkshow bahasa Jepang, pameran budaya Jepang, serta beberapa lomba yang temanya berhubungan dengan Jepang seperti lomba cerdas cermat, festival menyanyi Jepang, Lomba menulis huruf tradisional Jepang seperti "Kanji dan Kana".

Para peserta yang dapat ikut serta di dalamnya berasal dari siswa SMA se-Sumbar, mahasiswa, dan Umum.

Selain itu, kata dia, selama tiga hari juga akan disemarakkan dengan bazar yang dibuka dengan 24 macam stand atau galeri.

Semuanya acara tersebut dapat diikuti secara gratis dan tanpa memerlukan syarat apapun.

Untuk itu, imbuh dia, bagi masyarakat yang berminat dan tertarik dengan segala macam tentang Jepang dapat datang menghadiri festival itu.

Dia mengatakan, acara yang pertama kali digelar pada 2004 ini merupakan kegiatan rutin dari program studi Bahasa Jepang yang tujuannya untuk memperkenalkan budaya Jepang kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat.

Sementara itu Wakil Rektor III Unand Novesar Djamarun berharap pada pelaksanaan "Bunkasai" tahun 2014 dapat bersifat nasional dengan mengundang beberapa tamu dari universitas-universitas yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan begitu, imbuh dia, tidak hanya masyarakat Sumbar saja namun juga seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati festival tersebut. "Tentunya dengan catatan peningkatan kapasitas dan kegiatan yang lebih berskala nasional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com