Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Pelajar Indonesia Ikuti Seleksi Olimpiade Sains

Kompas.com - 04/04/2013, 10:52 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 310.000 pelajar SD, SMP, dan SMA terbaik di seluruh Indonesia mengikuti olimpiade sains tingkat kabupaten/kota  pada 2 - 4 April 2013. Tiap sekolah diwakili oleh tiga siswa untuk masing-masing bidang lomba sains.

Olimpiade Sains tingkat kabupaten/kota ini  melombakan sembilan bidang studi, yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, kebumian, ditambah satu bidang baru yaitu geografi.

Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMA, Suharlan, di Jakarta, Kamis (4/4/2013), mengatakan peserta yang lolos seleksi di tingkat kabupaten/kota akan mengikuti Olimpiade Sains tingkat provinsi yang  dilaksanakan serentak di 33 provinsi pada 3 - 4 Juni 2013.

Juara di tiap-tiap provinsi selanjutnya akan berlaga dalam perhelatan akbar Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan diselenggarakan di Bandung, 2 - 8 September 2013. Peraih medali pada OSN 2013 akan diseleksi melalui pembinaan bertahap untuk mewakili Indonesia di ajang olimpiade sains internasional 2014.

Direktur Pembinaan SMA Harris Iskandar  menjelaskan, OSN menjadi salah satu program dalam rangka memfasilitasi dan  memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang ilmu yang dimilikinya.

Dengan pelaksanaan yang dimulai dari olimpiade tingkat kabupaten/kota yang kemudian mengerucut pada OSN,  mencerminkan proses seleksi dan mekanisme yang berlangsung selama ini sudah berjalan dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com