Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Kurikulum 2013 Masih Bermasalah

Kompas.com - 04/04/2013, 17:38 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kurikulum 2013 sedianya tetap akan berjalan pada pertengahan Juli mendatang. Padahal, masih banyak hal yang belum selesai dipersiapkan, termasuk anggaran, lantaran perbedaan nominal yang muncul pada beberapa kali rapat kerja dengan Panitia Kerja (Panja) Kurikulum DPR RI.

Anggota Panja Kurikulum Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar, mengatakan, permasalahan anggaran ini ditakutkan dapat menghambat penerapan Kurikulum 2013 jika dipaksakan untuk dilaksanakan pada Juli, yang hanya tinggal tiga bulan lagi.

"Sepertinya kondisi kita tidak sampai pada darurat pendidikan kok, yang jika tidak dilaksanakan Juli besok akan terjadi sesuatu hal yang mengancam secara serius bangsa ini," ujar Raihan saat dihubungi, Kamis (4/4/2013).

Beberapa perbedaan anggaran didapatinya dalam dua dokumen yang pernah dibuat oleh Kemdikbud, yaitu dokumen anggaran kurikulum dan anggaran kurikulum dalam APBN 2013. Pada dokumen anggaran kurikulum tercantum Rp 631,4 miliar sementara dalam APBN sebesar Rp 751,4 miliar.

Begitu pula untuk pelatihan guru, terdapat perbedaan nominal anggaran pada dua dokumen, yaitu pada rekap anggaran Kurikulum 2013 tercatat sebesar Rp 1.094.855.974.000 dan anggaran pelatihan sebesar Rp 1.095.784.864.000.

"Dari perbedaan-perbedaan ini, kita butuh kepastian dokumen mana yang sebenarnya akan dipakai sebagai acuan anggaran pengembangan Kurikulum 2013?" ungkap Raihan.

"Tapi kita tunggu saja hasil dari konsultasi Kemdikbud dengan BPKP terkait pola anggaran ini. Hasilnya akan kita bahas kembali di rapat Panja dan Raker," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com