Kompas.com - 04/04/2013, 17:38 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Kurikulum 2013 sedianya tetap akan berjalan pada pertengahan Juli mendatang. Padahal, masih banyak hal yang belum selesai dipersiapkan, termasuk anggaran, lantaran perbedaan nominal yang muncul pada beberapa kali rapat kerja dengan Panitia Kerja (Panja) Kurikulum DPR RI.

Anggota Panja Kurikulum Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar, mengatakan, permasalahan anggaran ini ditakutkan dapat menghambat penerapan Kurikulum 2013 jika dipaksakan untuk dilaksanakan pada Juli, yang hanya tinggal tiga bulan lagi.

"Sepertinya kondisi kita tidak sampai pada darurat pendidikan kok, yang jika tidak dilaksanakan Juli besok akan terjadi sesuatu hal yang mengancam secara serius bangsa ini," ujar Raihan saat dihubungi, Kamis (4/4/2013).

Beberapa perbedaan anggaran didapatinya dalam dua dokumen yang pernah dibuat oleh Kemdikbud, yaitu dokumen anggaran kurikulum dan anggaran kurikulum dalam APBN 2013. Pada dokumen anggaran kurikulum tercantum Rp 631,4 miliar sementara dalam APBN sebesar Rp 751,4 miliar.

Begitu pula untuk pelatihan guru, terdapat perbedaan nominal anggaran pada dua dokumen, yaitu pada rekap anggaran Kurikulum 2013 tercatat sebesar Rp 1.094.855.974.000 dan anggaran pelatihan sebesar Rp 1.095.784.864.000.

"Dari perbedaan-perbedaan ini, kita butuh kepastian dokumen mana yang sebenarnya akan dipakai sebagai acuan anggaran pengembangan Kurikulum 2013?" ungkap Raihan.

"Tapi kita tunggu saja hasil dari konsultasi Kemdikbud dengan BPKP terkait pola anggaran ini. Hasilnya akan kita bahas kembali di rapat Panja dan Raker," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.