Kompas.com - 05/04/2013, 16:25 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com — Distribusi paket soal ujian nasional (UN) untuk kepulauan di Jawa Timur mulai dilakukan. Hari ini, paket soal UN dikirimkan ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Harun mengatakan, distribusi soal UN dilakukan lebih awal dengan pertimbangan jauhnya lokasi dan medan letak sekolah tempat UN akan dilangsungkan.

''Faktor cuaca juga menjadi pertimbangan distribusi paket soal,'' katanya, Jumat (5/4/2013).

Setelah ke Pulau Bawean, pada Senin (8/4/2013) nanti, soal UN juga akan didistribusikan ke kawasan kepulauan Kabupaten Sumenep, Madura.

''Khusus Sumenep kami distribusikan Senin pekan depan. Karena kapalnya hanya ada pada tanggal 8 dan 24 April,'' jelasnya.

Sementara itu, untuk distribusi soal ke seluruh kabupaten/kota di Jatim yang jalurnya relatif lancar, kata Harun, akan dimulai 10 hingga 11 April nanti. Semua soal akan diterima tiap-tiap kabupaten/kota H-4 UN.

Proses distribusi dijanjikan tidak ada kendala atau kebocoran soal, karena akan dikawal dan dipantau langsung oleh tiga unsur, yakni polisi, pihak perguruan tinggi, dan Dinas Pendidikan Jatim.

UN 2013 jenjang SMA/SMK/MA akan dimulai pada 15-18 April. Disusul SMP/MTs pada 22-25 April dan SD/MI pada 6-8 Mei 2013. Berdasarkan data Dinas Jatim, total peserta UN mulai SD, SMP, SMA, SLB, dan Paket di Jatim tercatat 1.659.656 siswa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.