Kompas.com - 08/04/2013, 04:35 WIB
EditorBenny N Joewono

SOLO, KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa dari Papua yang akan menempuh Program Studi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi mulai tahun akademik 2013/2014.

"Beasiswa ini diberikan mulai dari uang masuk sampai biaya selama 12 semester, sampai lulus, dan bahkan sekarang juga telah diupayakan sampai untuk biaya hidup selama masa studi," kata Rektor UMS Prof Dr Bambang Setiaji kepada wartawan di Solo, Minggu (7/4/2013).

Beasiswa itu bagi dua mahasiswa Kedokteran Umum dan satu mahasiswa Kedokteran Gigi serta harus lulus dalam ujian seleksi. Mahasiswa asal Papua tersebut harus menandatangani komitmen yang berisi di antaranya setelah lulus harus kembali ke daerahnya, yakni Papua. Kemudian saat mereka sudah bekerja, wajib membiayai adik tingkatnya yang juga berasal dari Papua pada prodi serupa.

Rektor UMS mengatakan, seleksi dilakukan oleh Muhammadiyah di Papua. Peserta cukup mengikuti ujian seleksi di Papua. Hasil seleksi akan mengirim dua terbaik pendaftar prodi Kedokteran Umum dan satu terbaik pendaftar prodi Kedokteran Gigi ke UMS.

"Program studi gratis bagi calon mahasiswa asal Papua tersebut, salah satu tujuannya adalah mendorong agar jumlah dokter di Papua semakin banyak jumlahnya, di samping untuk meningkatkan sumber daya manusia di kawasan Papua," kata Rektor UMS.

Bambang mengemukakan bahwa uang masuk untuk program studi Kedokteran Umum di UMS sekitar Rp 100 juta. Sedang uang SPP setiap semester sekitar Rp 10 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.