Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri Lantik Lukas Enembe Jadi Gubernur Papua

Kompas.com - 09/04/2013, 13:41 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi resmi melantik Lukas Enembe-Klemen Tinal sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

"Secara resmi, Papua sekarang telah memiliki pemimpin, gubernur dan wakil gubernur yang baru, yakni saudara Lukas Enembe dan Klemen Tinal," kata Mendagri di hadapan ribuan rakyat Provinsi Papua di Stadion Mandala Kota Jayapura, Selasa (9/4/2013).

Menurut Mendagri, terpilihnya kedua putra terbaik Papua itu telah dilalui dengan proses demokrasi yang panjang, dan berkat dua orang caretaker gubernur, yakni Syamsul Arief Rivai dan Constan Karma, rakyat Papua kini telah memiliki pemimpin definitif yang baru.

"Saudara Lukas dan Klemen terpilih dengan dukungan suara sebanyak 52 persen dan itu legitimate," kata Mendagri.

Mendagri berharap Lukas dan Klemen bisa merangkul semua pihak dalam masa kepemimpinanya selama lima tahun ke depan, yang tentunya perlu didukung oleh semua elemen yang ada di Papua.

"Mari kita bangun Papua, kita satukan visi-misi, bukan hanya Persipura yang bisa mengalahkan Persija di pentas sepak bola, Papua juga bisa meningkatkan pembangunan segala bidang dan berdiri sejajar dengan kota lain, bahkan bisa menyamai daerah lainya," kata Mendagri yang disambut tepuk tangan yang meriah.

Mendagri juga berpesan agar 29 kepala daerah yang ada di daerah tersebut, Majelis Rakyat Papua, Dewan Perwakilan Rakyat—baik provinsi maupun kabupaten—serta segala komponen masyarakat yang ada di wilayah tersebut bisa bersatu padu, bekerja sama membangun tanah Papua ke arah yang lebih baik lagi

"Pembangunan bisa berjalan baik jika segala potensi yang ada, semua lembaga dan pemimpin daerah serta wakil rakyat, dapat bekerja sama, dan saya kira pembangunan di segala bidang bisa tercapai," kata Mendagri.

Tak lupa, mantan Gubernur Sumbar ini menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung pesta demokrasi lima tahunan di daerah tersebut. "Terima kasih buat Pak Syamsul Arief, Constan Karma, KPU, Bawaslu, DPR, dan semua elemen yang telah menyukseskan pesta demokrasi di Papua," kata Mendagri.

Dalam acara pelantikan yang dipimpin Wakil Ketua I DPRP Papua Yunus Wonda itu dihadiri sejumlah tamu undangan penting, di antaranya Sekjen DPP Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. Selain itu, acara dihadiri Gubernur Provinsi Papua Barat Abraham OA dan wakilnya, Ketua MRP Timotius Murib, sejumlah kepala daerah, wakil rakyat dari 29 kabupaten/kota di Papua, dan parpol pendukung.

Tampak pula Kapolda Papua Irjen Tito Karnavian, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua, dan sejumlah petinggi instansi terkait lainya bersama rakyat Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com