Kompas.com - 10/04/2013, 17:36 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Gelaran ujian nasional (UN) tinggal menghitung hari. Meski berharap hasil maksimal, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku tak mematok target khusus dan lebih memilih mendorong siswa serta semua yang terlibat dalam ujian itu untuk menjalaninya dengan jujur.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menyampaikan, dia menomorduakan hasil UN itu sendiri. Yang lebih penting, menurutnya, adalah proses bagaimana UN itu dijalani.

"Kalau UN ini saya enggak memberi target, yang penting UN dilakukan dengan jujur," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Yang tak kalah penting, kata dia, adalah bagaimana semua siswa peserta UN diberi motivasi, disiapkan secara mental dan materi, agar mampu melewati UN dengan baik. Dalam ujian ini, yang paling utama adalah melatih siswa untuk berani bekerja jujur.

"Mereka harus belajar, tapi jangan diajak untuk melakukan sesuatu yang tidak jujur. Nilainya berapa buat saya tidak ada masalah, tapi itu hasil dari sebuah proses yang jujur," ujarnya.

Untuk diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah merilis secara resmi jadwal Ujian Nasional 2013 (UN 2013) melalui laman resmi Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud. Berdasarkan prosedur operasi standar, UN untuk tingkat SMA/MA akan diselenggarakan pada tanggal 15-18 April.

Untuk tingkat SMK dan SMALB, UN akan digelar pada tanggal 15-17 April. Siswa yang sakit atau berhalangan hadir dapat mengikuti UN susulan yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 April.

Adapun pengumuman kelulusan tingkat SMA/SMALB/SMK/MA akan diumumkan pada tanggal 25 Mei, tingkat SMP/SMPLB/MTs diumumkan pada tanggal 1 Juni, sedangkan tingkat SD/SDLB/MI pada 8 Juni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.