Kompas.com - 10/04/2013, 19:44 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat diblokir, beberapa mata anggaran yang ada dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya cair. Beberapa di antaranya adalah DIPA terkait beasiswa bidik misi dan beasiswa S2/S3.

Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Illah Sailah mengatakan bahwa anggaran untuk beasiswa bidik misi ini akhirnya dibuka karena sifatnya mendesak dan penting. Pasalnya, pembintangan anggaran termasuk untuk beasiswa bidik misi ini berakibat pada kelangsungan kegiatan para mahasiswa bidik misi yang berasal dari kalangan miskin.

"Ini urgen untuk dibuka. Anggaran untuk bidik misi ini terdiri dari biaya hidup dan biaya pendidikan sebesar Rp 6.000.000 per semester untuk tiap mahasiswa bidik misi," kata Illah saat jumpa pers di Senayan, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Namun, biaya yang cair ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa bidik misi on going atau yang sedang menjalani masa perkuliahan. Berdasarkan data dari DIKTI, jumlah total mahasiswa bidik misi hingga tahun akademik 2012/2013 tercatat 88.142 mahasiswa dengan rincian 86.210 di Perguruan Tinggi Negeri dan 1.932 di Perguruan Tinggi Swasta.

"Untuk yang tahun akademik 2013/2014 masih dicari dan dapat terkejar karena mulai kuliah biasanya Juli atau September," ujar Illah.

"Sekarang yang penting yang on going karena ada yang penyalurannya nunggak sampai ada yang ditalangi kampusnya," imbuhnya. 

Namun, setelah anggaran tersebut tidak lagi diblokir, pihaknya akan segera menyalurkannya pada mahasiswa yang bersangkutan sesegera mungkin sesuai dengan data yang dikirim oleh masing-masing universitas.

"Paling tidak besok atau pekan depan sudah bisa selesai. Jangan sampai ada mahasiswa bidik misi yang harus menderita," tandasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X