Kompas.com - 11/04/2013, 15:03 WIB
Penulis M Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional Jakarta mewisuda 773 orang mahasiswa yang berasal dari 9 fakultas, 3 akademi, serta 36 program studi. Dalam orasi ilmiahnya di hadapan para wisudawan/ti itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Marskal TNI (Purn) Djoko Suyanto mengatakan, sebagai kaum muda dan generasi penerus bangsa para mahasiswa diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan yang matang dan mampu melanjutkan cita-cita Indonesia untuk memberikan kesejahteraan, keadilan, dan kesetaraan bagi seluruh rakyat.

Dalam orasi ilmiah berjudul "Demokrasi dan Estafet Kepemimpinan 2014" wisuda Universitas Nasional periode I Tahun Akademik 2012/2013 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Minggu (7/4/2013) lalu itu, Djoko secara gamblang membicarakan proses sirkulasi elite dan reproduksi kepemimpinan nasional, secara sesuai dan berada dalam koridor demokrasi.

"Mengacu pada tema yang saya angkat, ada harapan agar pergantian kepemimpinan kita di tahun 2014 nanti bisa dipastikan berjalan sesuai dengan kehendak rakyat banyak, dan dengan itu akan membawa ke arah kemajuan yang jauh lebih baik," papar Djoko.

"Pada saat bersamaan, kita juga memerlukan pribadi pemimpin yang blemish free dari rekam jejaknya," imbuhnya.

Pada kesempatan sama, Rektor Universitas Nasional, Drs El Amry Bermawi Putera juga memaparkan, bahwa menjelang pergantian kepemimpin nasional, patut disadari pentingnya peran pemimpin seluruh elemen bangsa untuk memelihara sifat kejujuran, kearifan, ketegasan, dan kenegarawanan.

"Jika sifat-sifat tersebut terus berkembang, insya Allah bukan hanya akan dicontoh masyarakat, tapi juga bangsa kita akan mengarah pada kehidupan lebih baik, terlebih pada pasca pemilu 2014," kata El Amry.

Adapun pada wisuda tahun ini, wisudawan terbaik Universitas Nasional pada masing-masing fakultas, diraih oleh:

1. Tris Yanti Mulus Anggraini, SP dari Fakultas Pertanian (IPK 3,49).

2. Fajar Saputra, S.Si dari Fakultas Biologi (IPK 3,78).

3. Kiki Rezki Lestari, ST dari Fakultas Teknik & Sains (IPK 3,76).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.