Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik DKI Fasilitasi Siswa Disabilitas Laksanakan UN

Kompas.com - 12/04/2013, 10:03 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, pihak Dinas Pendidikan DKI telah menyiapkan segala persiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional pada Senin (15/4/2013) mendatang, termasuk bagi peserta didik disabilitas atau inklusif. Mereka akan disediakan soal UN dengan menggunakan huruf braile. Tercatat, peserta didik yang mengikuti UN dengan jenis ketunaan tuna netra sebanyak tiga siswa.

"Dua siswa melaksanakan UN di SMA Negeri 66 dan siswa lainnya di SMA Negeri 112 Jakarta Barat," kata Taufik, di Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Tahun ini, kata Taufik, naskah UN dicetak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga pengiriman naskah juga ditanggung oleh pihak kementerian. Pemenang tender pencetakan naskah ujian nasional (UN) untuk tahun ajaran 2012/2013 yakni PT Temprina Media Grafika, berada di Surabaya, Jawa Timur. Rencananya pengiriman naskah UN akan tiba melalui jalur darat di Jakarta pada Sabtu (13/4/2013).

"Lima universitas yang telah ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk menerima naskah UN tersebut," kata Taufik.

Kelima universitas itu antara lain, Universitas Indonesia (UI) untuk wilayah Jakarta Pusat, Universitas Tarumanagara untuk Jakarta Barat, Universitas Pancasila untuk Jakarta Selatan, Universitas Jayabaya untuk Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, serta Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk Jakarta Timur.vKemudian naskah UN akan langsung didistribusikan ke 28 rayon yang tersebar di lima wilayah.

Taufik menjelaskan, naskah UN untuk Kepulauan Seribu akan dikirim satu hari sebelum pelaksanaan UN, yaitu pada 14 April 2013. Naskah akan diantar oleh petugas dari Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Pelabuhan Marina Ancol, Jakarta Utara. Hanya ada dua pulau yang melaksanakan UN di Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Tidung dan Pulau Pramuka.

"Juga hanya ada dua sekolah yang akan melaksanakan UN di sana, SMA 69 di Pulau Tidung dan SMK 61 di Pulau Pramuka," kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI itu.

UN untuk tingkat SMA dan SMK akan digelar selama empat hari dari 15-18 April. Sementara kelulusan diumumkan pada 24 Mei 2013. Di seluruh wilayah DKI, ada 127.000 siswa peserta UN yang berasal dari 1.079 sekolah, yaitu 499 SMA dan 580 SMK. Pada tahun lalu, tingkat kelulusan untuk SMA/MA mencapai 99,65 persen atau sebanyak 54.276 siswa dinyatakan lulus dari jumlah peserta sebanyak 54.466 siswa.

Berita terkait, baca :

UJIAN NASIONAL 2013

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com