Kompas.com - 12/04/2013, 10:03 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, pihak Dinas Pendidikan DKI telah menyiapkan segala persiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional pada Senin (15/4/2013) mendatang, termasuk bagi peserta didik disabilitas atau inklusif. Mereka akan disediakan soal UN dengan menggunakan huruf braile. Tercatat, peserta didik yang mengikuti UN dengan jenis ketunaan tuna netra sebanyak tiga siswa.

"Dua siswa melaksanakan UN di SMA Negeri 66 dan siswa lainnya di SMA Negeri 112 Jakarta Barat," kata Taufik, di Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Tahun ini, kata Taufik, naskah UN dicetak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga pengiriman naskah juga ditanggung oleh pihak kementerian. Pemenang tender pencetakan naskah ujian nasional (UN) untuk tahun ajaran 2012/2013 yakni PT Temprina Media Grafika, berada di Surabaya, Jawa Timur. Rencananya pengiriman naskah UN akan tiba melalui jalur darat di Jakarta pada Sabtu (13/4/2013).

"Lima universitas yang telah ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk menerima naskah UN tersebut," kata Taufik.

Kelima universitas itu antara lain, Universitas Indonesia (UI) untuk wilayah Jakarta Pusat, Universitas Tarumanagara untuk Jakarta Barat, Universitas Pancasila untuk Jakarta Selatan, Universitas Jayabaya untuk Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, serta Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk Jakarta Timur.vKemudian naskah UN akan langsung didistribusikan ke 28 rayon yang tersebar di lima wilayah.

Taufik menjelaskan, naskah UN untuk Kepulauan Seribu akan dikirim satu hari sebelum pelaksanaan UN, yaitu pada 14 April 2013. Naskah akan diantar oleh petugas dari Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Pelabuhan Marina Ancol, Jakarta Utara. Hanya ada dua pulau yang melaksanakan UN di Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Tidung dan Pulau Pramuka.

"Juga hanya ada dua sekolah yang akan melaksanakan UN di sana, SMA 69 di Pulau Tidung dan SMK 61 di Pulau Pramuka," kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI itu.

UN untuk tingkat SMA dan SMK akan digelar selama empat hari dari 15-18 April. Sementara kelulusan diumumkan pada 24 Mei 2013. Di seluruh wilayah DKI, ada 127.000 siswa peserta UN yang berasal dari 1.079 sekolah, yaitu 499 SMA dan 580 SMK. Pada tahun lalu, tingkat kelulusan untuk SMA/MA mencapai 99,65 persen atau sebanyak 54.276 siswa dinyatakan lulus dari jumlah peserta sebanyak 54.466 siswa.

Berita terkait, baca :

UJIAN NASIONAL 2013

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.