Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dini Hari Ini, Soal UN Jakarta Tiba

Kompas.com - 13/04/2013, 02:34 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Soal untuk Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat yang akan dilaksanakan pada Senin (15/4/2013) dijadwalkan tiba di Jakarta, Sabtu (13/4/2013). Diperkirakan soal-soal tersebut sudah akan tiba pada pukul 03.00 WIB. 

"Pendistribusian soal Ujian Nasional dari percetakan di Surabaya akan sampai besok pagi. Tapi, saya kurang tahu jam pastinya, mungkin sekitar pukul 03.00 WIB," kata Kasudin Dikmen Jakarta Barat Slamet Widodo saat dihubungi wartawan, Jumat (12/4/2013). Dia menambahkan, soal-soal tersebut dicetak di Surabaya dan dikirim ke Jakarta Barat melalui transportasi darat.

Untuk Jakarta Barat, naskah soal UN akan ditempatkan terpusat di Universitas Tarumanegara sebelum dikirimkan ke lima koordinator rayon di wilayah ini. Kelima koordinator rayon tersebut adalah SMAN 2, SMAN 33, SMAN 112, SMK 42, dan SMK 13. Pendistribusian dari pusat penyimpanan pusat menuju rayon menggunakan jasa PT Pos Indonesia.

Pemindahan soal dari Universitas Tarumanegara ke rayon akan dilaksanakan sekitar pukul 05.00 WIB bila naskah soal tiba di Jakarta sesuai jadwal. Proses pemindahan soal juga akan melibatkan kepolisian untuk menjaga kerahasiaan soal.

Slamet menambahkan, sekolah yang akan melaksanakan UN baru bisa mengambil soal ujian di rayon pada hari pelaksanaan ujian negara. Biasanya mereka mengambil soal tersebut pukul 05.00 WIB dengan didampingi oleh anggota kepolisian. "Kami sengaja minta sekolah mengambil soal pada hari H supaya menghindari kebocoran soal ujian," katanya.

Pengambilan kembali soal ujian dari sekolah ke rayon akan melibatkan pihak perguruan tinggi. Jawaban soal-soal juga harus disegel kembali supaya menghindari kecurangan dalam ujian nasional. Tahun ini, jumlah siswa yang akan mengikuti UN di Jakarta Barat sebanyak 9.510 siswa SMA dan 13.110 siswa SMK.

Kasubag Humas Polres Jakarta Barat Kompol Wirantiena mengatakan, kepolisian akan melakukan pendampingan soal ujian sampai ujian selesai dilaksanakan. Nantinya, soal tersebut akan dikawal polisi dengan menggunakan mobil patroli dan motor patroli untuk menjaga keamanan berkas ujian.

Selain polisi, kata Wirantiena, anggota Bimbingan Masyarakat (Binmas) juga turut mengawal soal-soal tersebut. Setiap sekolah akan dikawal dua orang petugas sampai soal disegel kembali dan dikembalikan ke rayon masing-masing. "Polres akan turut mem-backup polsek untuk masalah pengawalan soal ujian ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com