Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduh, Naskah UN Kota Kediri Kurang

Kompas.com - 14/04/2013, 13:21 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Naskah soal Ujian Nasional 2013 di Kota Kediri, Jawa Timur, diketahui kurang jumlahnya. Hal tersebut terungkap usai pemilahan yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Pendidikan maupun sekolah penyelenggara ujian di Mapolres setempat.

Kekurangan itu terdiri dari soal Matematika sebanyak sembilan sampul, Geografi sebanyak satu sampul, serta soal Ekonomi satu sampul.

Selain adanya kekurangan, juga terdapat kelebihan soal pada Bahasa Indonesia sebanyak delapan sampul serta soal Bahasa Inggris sebanyak 41 buah keping cakram. Kekurangan soal itu tidak berdampak signifikan karena pelaksanaan ujian pada soal yang kurang, baru berlangsung pada hari ketiga UN.

Atas kekurangan itu, otoritas pendidikan setempat juga telah menindaklanjuti dengan permintaan soal pengganti dari Dinas Pendidikan tingkat Provinsi di Surabaya. "Kekurangannya sudah kami laporkan dan Senin kami ambil," kata Noto, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum Dinas Pendidikan Kota Kediri, Minggu (14/4/2013).

Sebelumnya diberitakan, naskah UN disimpan di Mapolres Kediri Kota dengan pengamanan ketat. Selain dijaga personil polisi, gudang penyimpanan dokumen juga dikunci rangkap tiga dengan masing-masing pembawa kunci dari Diknas, Pemantau Independen, serta Polisi.

Pelaksanaan UN di Kota Kediri akan diikuti sebanyak 4.635 siswa dari tingkat SMA dan 4.971 siswa dari jenjang SMK. Jumlah tersebut berasal dari 20 lembaga SMA, 5 MA, serta 24 SMK serta peserta paket C. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com