Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang UN, Ruang Kelas Disterilkan

Kompas.com - 14/04/2013, 17:05 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sebanyak 5.238 siswa tingkat SMA/ MA/SMAT/SMALB, dan 5.427 siswa SMK, di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, siap mengikuti Ujian Nasional (UN), pada hari Senin (15/4) besok. Untuk menghindari kecurangan, soal yang dikerjakan oleh 20 siswa dalam satu ruangan itu berbeda.

Selain soal yang berbeda, ruang kelas yang akan digunakan oleh siswa mengerjakan UN, dijaga agar steril. Meja dan kursi diupayakan bersih dari corat coret siswa maupun peserta ujian. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono, Minggu (14/4), setelah kondisi ruangan steril, panitia menempelkan nomor ruang ujian, daftar peserta dan nomor ujian peserta. Sesudahnya, jendela ruangan dan pintu digembok, sehingga ruangan benar-benar bebas dari bahan-bahan yang bisa digunakan untuk melakukan kecurangan.

Muryono menambahkan, soal-soal ujian sebanyak 745 dus paket sudah tiba, Sabtu (13/04) subuh kemarin di kantor Dinas Pendidikan Kendal. Pengiriman paket soal dari percetakan Kudus tersebut mendapat pengawalan polisi. Ratusan dus soal ini kemudian disimpan di sebuah ruangan yang dijaga oleh petugas polisi dari Polres Kendal, serta pengawas dari Universitas Negeri Semarang. Soal-soal ini kemudian dipilah-pilah sesuai mata pelajaran, dan baru akan dikirim ke sekolah pada hari pelaksanaan ujian.

Menurut kepala Dinas Pendidikan kabupaten Kendal, Muryono, untuk mengantisipasi kebocoran soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/ sederajat, soal akan didistribusikan ke setiap sekolah pada hari pelaksanaan ujian berdasarkan mata pelajaran yang diujikan hari itu. Sedangkan soal lainnya tetap disimpan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal dengan penjagaan ketat.

"Hal ini untuk mengantisipasi kebocoran jika soal disimpan di sekolah masing-masing," ujar Muryono.

Muryono menjelaskan, pengamanan soal di dinas pendidikan dilakukan secara bergantian. Sedang tempat penyimpanan soal akan disegel petugas dari dinas serta pengawas independen. Sementara pengiriman soal dari Disdik ke sekolah masing-masing akan dilakukan tim yang terdiri dari sekolah, pengawas independen dan dikawal kepolisian. "Kami berharap, semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com