Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UN Tertukar, Siswa Menangis

Kompas.com - 15/04/2013, 10:11 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 20 siswa kelas XII IPS Ruang 13 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, belum bisa mengerjakan soal ujian nasional (UN) karena berkas soalnya tertukar, Senin (15/4/2013). Beberapa siswi di ruangan itu bahkan sempat menangis sehingga harus ditenangkan oleh guru kelasnya.

Hari pertama UN, peserta mengerjakan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sampai pukul 09.00 WIB semua siswa di ruangan itu belum bisa mengerjakan soal UN. Padahal, semua peserta mulai mengerjakan soal pada pukul 07.30. Soal UN untuk kelas IPS ini tertukar dengan soal UN Bahasa Indonesia kelas IPA. Sampai sekarang, peserta di ruangan itu hanya bisa melamun menunggu soal UN.

"Ini kasihan anak-anak belum bisa mengerjakan UN. Bahkan tadi mereka sempat tegang dan siswi perempuannya banyak yang menangis. Mungkin mereka kecewa dan takut ketinggalan ujian," terang Toto T Khoeriyah, wali kelas XII IPS SMAN 1 Singaparna, kepada Kompas.com.

Toto menambahkan, beruntung pihak guru bisa menenangkan para peserta UN di ruang tersebut. Pihaknya pun telah melaporkan kejadian ini kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya. "Sudah dilaporkan ke dinas, soalnya mereka kasihan belum bisa mengerjakan soal. Kalau kelas yang lainnya sudah semuanya," ujar Toto.

Sementara salah seorang peserta UN ruang 13, Adit Raditya (17), mengaku kecewa karena soal ujian tertukar. Pasalnya, dirinya dan temannya ketakutan hari ini tidak bisa mengerjakan soal ujian. "Saya sudah menghafal pelajaran dari malam. Sekarang soal tidak ada, jadi bingung saya juga, kok bisa gini," kata dia saat ditemui di ruang kelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com