Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Muda dari 26 Negara Adu Kecerdasan di Bali

Kompas.com - 16/04/2013, 14:49 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR.KOMPAS.com - Sebanyak 133 ilmuwan muda dari 26 negara siap mengadu kecerdasan dalam ajang International of Young Scientists (ICYS) 2013 yang digelar di Denpasar, Bali. Ajang ini menjadi istimewa karena Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya setelah menjadi tuan rumah pada tahun 2010.

Selain Indonesia, ilmuwan muda yang berpartisipasi dalam ajang ini berasal dari Malaysia, Cina, Singapura, Korsel, Negara-Negara Eropa seperti Belanda, Polandia, Britania Raya hingga Negara Amerika Latin seperti Brazil.

"Ada 6 kategori yang dipertandingkan, Teori Fisika, Praktek Fisika, Matematika, Komputer, Ekologi, dan Life Science," ujar President of Local Orgaizing Comitte ICYS 2013, Monika Raharti saat konferensi pers di Hotel Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Selasa (16/4/2013).

Indonesia yang diwakili oleh Surya Institute mengirimkan 12 ilmuwan muda dalam ajang ini. Ilmuwan muda yang masih menempuh pendidikan SMP dan SMA tersebut hasil seleksi dari 12 provinsi. Monika berharap, ilmuwan-ilmuwan muda Indonesia yang mengikuti ajang ini dapat menjadi pemimpin bangsa di masa mendatang.

"Saya berharap mereka setelah selesai di perguruan tinggi mereka menjadi pemimpin di negeri ini dalam bidang apapun," jelas Monika.

Rencananya ICYS 2013 yang akan berlangsung di Hotel Grand Bali Beach Sanur ini akan dibuka sore nanti. ICYS 2013 akan berlangsung selama 7 hari mulai dari tanggal 15 sampai 22 April mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com