Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh! Lembar Jawaban UN di Bone Bolango Pakai HVS

Kompas.com - 18/04/2013, 14:59 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

BONE BOLANGO, KOMPAS.com - Fotokopi naskah akhirnya menjadi cara terakhir bagi panitia Ujian Nasional (UN) dalam mengatasi masalah kurangnya naskah UN di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (18/4/2013).

Di SMA Negeri 1 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo sejumlah siswa jurusan bahasa mengikuti ujian antropologi menggunakan naskah hasil fotokopian. Sebelumnya ujian mereka ditunda hingga enam jam lantaran naskah soal terlambat datang.

Beberapa siswa nampak terkejut dan bingung melihat naskah soal fotokopian ini. Tak berhenti sampai di situ, Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) para siswa ini tidak menggunakan kertas pindai, melainkan hanya berupa kertas HVS polos.

Bukan hanya para siswa, para pengawas ujian pun nampak kebingungan melihat LJUN darurat ini, mereka kemudian meminta para panitia UN menjelaskan kembali tata cara pengisian jawaban. "Adik-adik silahkan tulis jawaban A B C dan seterusnya di lembar itu. Biodata ditulis biasa saja. Nanti lembar jawaban dan lembar soal akan distaples," kata salah seorang panitia.

Meski terlihat kecewa, para siswa akhirnya melanjutkan kembali ujian mereka. Karena terlambat memulai ujian, sebanyak 30 siswa Jurusan Bahasa tersebut sampai saat ini masih menjalani ujian hingga pukul 15.30 nanti. Sementara, para siswa dari jurusan lain sudah lebih dulu pulang.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Provinsi Gorontalo, Arfan Arsyad, menjelaskan LJUN darurat tersebut nantinya akan disalin kembali ke LJUN asli yang berupa kertas pindai. "Nantinya siswa sendiri yang akan menyalin kembali jawabannya," katanya Arfan sambil menerangkan, proses penyalinan ini akan diawasi pihak panitia.

Ini untuk menghindari siswa mengubah-ubah jawabannya. " Kalau mau, orangtua pun bisa mengawasi. Adil kan?" ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com