Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

57 SD di Hulu Sungai Utara Kalsel Rusak

Kompas.com - 19/04/2013, 16:43 WIB

AMUNTAI, KOMPAS.com - Sebanyak 57 bangunan Sekolah Dasar di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, rusak. Bangunan-bangunan tersebut berusia tua dan membutuhkan upaya perbaikan.

Selain perbaikan, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan HSU, Lailatanur Raudah, mengungkapkan kebutuhan penambahan ruang kelas demi memberikan kenyamanan siswa belajar serta kesiapan sekolah untuk menampung peningkatan jumlah siswa.

Rencananya, Disdik akan melanjutkan program rehabilitasi dan penambahan lokal belajar bagi sekitar 10 buah bangunan SD dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) II 2013. termasuk untuk pembangunan tiga ruang perpustakaan sekolah.

SD yang akan direhabilitasi adalah SD Kota Raden Hulu II, SDN Garunggang, SDN Sungai Pandan Tengah,  SD Pal batu, SD Murung Sari 5,  SD Nelayan, SDN Kalumpang,  SDN Sungai Durait Hulu dan satu unit gedung untuk Pusat Kegiatan Guru (PKG) di Kecamatan Haur Gading.

"Kami juga masih menunggu dana alokasi khusus dari Kementerian Pendidikan untuk merehab dan membangun perpustakaan sekolah yang belum tertampung dalam APBD tahun ini agar juga bisa dilakukan rehab pula" katanya, Rabu (17/4/2013).

Laila menuturkan hingga 2012 ada 128 bangunan SD yang sudah diperbaiki dan sisanya, 57 bangunan lagi perlu mendapat perbaikan dan penambahan ruang kelas.

Selain itu, lanjutnya, sebanyak 76 SD juga belum memiliki gedung perpustakaan sendiri. Rencananya, perpustakaan akan dibangun secara bertahap baik dengan menggunakan dana APBD maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

Selain itu, tahun ini Disdik juga akan membangun 1 unit gedung Taman Kanak-kanak (TK) Murung Sari 1 yang selama ini belum memiliki gedung belajar. Untuk rehabilitasi yang menggunakan DAK, pihaknya masih menunggu pencairan dana tersebut pada Juli mendatang sehingga belum bisa memastikan jumlah bangunan SD dan gedung perpustakaan yang bisa dibangun dan diperbaiki.

Rehabilitasi bangunan diharapkan bisa membuat para siswa lebih nyaman belajar
serta mendorong siswa untuk tetap melanjutkan sekolah dan mengurangi angka siswa putus sekolah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com