Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya dan Wapres Sudah Cek sampai Setengah 11 Malam"

Kompas.com - 22/04/2013, 10:04 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Demi menjamin kelancaran ujian nasional (UN) untuk jenjang SMP/MTs pada Senin (22/4/2013) ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa dia bersama Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono memantau distribusi naskah soal UN di berbagai daerah yang ada di Indonesia hingga pukul 22.30 WIB agar pelaksanaan UN berjalan lancar.

"Jadi kami kira-kira sampai setengah sebelas malam bersama Wapres mengecek pulau-pulau terjauh sudah dikirim belum," kata Nuh saat inspeksi dadakan di SMP Negeri 30 Jakarta, Senin (22/4/2013).

Ia juga mengungkapkan bahwa sebanyak 40 pesawat milik TNI dikerahkan untuk membantu pengiriman soal ini agar sampai tepat waktu sehingga anak-anak dapat menjalankan ujian sesuai jadwal. Keterlibatan TNI sendiri dimulai sejak kisruh UN SMA/SMK/MA beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah berkat dukungan TNI juga semuanya berjalan lancar. Saya bersyukur betul semuanya berjalan baik dan berharap di lapangan juga tetap berjalan baik," ujar Nuh.

Namun sayangnya, upaya tersebut masih tak membuahkan hasil baik. Hal ini tampak pada laporan yang masuk dari berbagai daerah terkait penyelenggaraan UN. Misalkan saja di Bogor, jadwal mundur satu jam karena soal kurang. Kemudian di daerah yang jauh seperti Talaud, Timor Tengah Utara, dan Polewali, naskah soal UN juga terlambat dikirimkan sehingga UN ditunda jam pelaksanaannya.

"Pelaksanaannya serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia hari ini untuk jenjang SMP/MTs," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com