Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud: UN Serentak Hari Ini, Cuma Ada yang Digeser Jamnya

Kompas.com - 22/04/2013, 10:15 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan bahwa UN tidak ditunda melainkan hanya digeser saja jamnya. Hal ini disampaikannya menanggapi Ujian nasional (UN) SMP di sejumlah sekolah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang tertunda dan di daerah lain yang bahkan tertunda sampai sore hari.

"Kan saya bilang (UN digelar) serentak hari ini, bukan serentak jamnya. Jadi memang ada yang digeser jamnya," kata Nuh seusai inspeksi dadakan di SMP Negeri 30 Jakarta, Senin (22/4/2013).

Ia mengungkapkan sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat telah melaporkan bahwa daerahnya telah siap melaksanakan UN. Namun ternyata pada hari penyelenggaraan, sejumlah sekolah mengalami keterlambatan pengiriman sehingga ada penundaan jam pelaksanaan UN.

"Saya tanya kemarin dibilang sudah siap. Saya juga siap saja. Kan tidak mungkin satu per satu kabupaten saya datangi," ujar Nuh.

Akibat keterlambatan dan kurangnya naskah soal tersebut, sejumlah sekolah di Bogor memundurkan jam pelaksanaan UN selama dua jam yang seharusnya 07.30 WIB menjadi 09.30 WIB. "Sudah dikonfirmasi jadinya mundur dua jam. Tidak apa yang penting tetap hari ini dilaksanakannya," tandasnya.

Seperti diketahui, ujian di semua SMP di Kecamatan Gunung Putri dikabarkan mundur pada pukul 10.00 WIB nanti. Penyebabnya, soal dari Diknas belum lengkap. Pada hari ini, jadwal mata pelajaran UN yang diujikan adalah Bahasa Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com