Kompas.com - 22/04/2013, 11:57 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BORONG, KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur yang seharusnya dimulai hari ini, Senin (22/4/2013), ditunda akibat naskah soal yang belum tiba. Naskah itu dikirim dari Kupang, Ibu Kota NTT. 

Para siswa di Borong misalnya, mereka yang sudah tiba di tempat ujian sejak pagi hari, harus kembali ke rumah karena penundaan ini. Kepala Unit Pelaksana Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan Kota Komba, Remigius Gaut saat dikonfirmasi Kompas.com, menjelaskan, pelaksanaan UN di Kabupaten Manggarai Timur tertunda karena naskah UN belum tiba di Posko Pelaksanaan UN di SMP 1 Borong hingga hari ini.

"Belum tahu kapan pelaksanaannya karena naskah Ujian Nasional yang dikirim dari Kupang melalui Ruteng, Ibu kota Kabupaten Manggarai dan lewat Maumere, Ibukota Kabupaten Sikka belum tiba. Kalau dari Ruteng ke Borong tidak terlalu jauh, tetapi dari Maumere ke Borong ditempuh dalam satu hari penuh," jelasnya.

Kepala SMP Katolik Waemokel Waelengga, Robertus Belarminus Wahab pun menjelaskan, penundaan tidak berpengaruh terhadap persiapan dari siswa dan siswi yang berjumlah 61 orang. "Saya berharap naskah Ujian Nasionalnya lengkap, kalau tidak lengkap maka banyak pihak yang terlibat, mulai dari aparat keamanan dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kalau soal itu difotokopi," kata Wahab.

Menurut Wahab, informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur dan dari Posko pelaksanaan UN Manggarai Timur di SMP 1 Borong, sebagian soal sudah tiba. "Mungkin hanya tertunda hari ini saja dan beseok, Selasa (23/4/2013) dapat melaksanakan Ujian Nasional karena salah satu staf dari SMP Katolik Waemokel sudah ke Borong untuk mengambil Naskah Ujian Nasional," sambungnya.

Berbeda dengan Kabupaten Manggarai Timur, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Rafael Ogur menjelaskan, pelaksanaan UN di Kabupaten Manggarai berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan secara nasional karena naskah Ujian Nasional sudah didistribusikan ke 54 SMP dan MTS. UN hari ini, menurut Ogur dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.

Di Kabupaten Manggarai, kata Ogur, naskah UN sudah tiba di Ruteng sejak kemarin, dan langsung didistribusikan kepada seluruh sekolah. Ogur menjelaskan, jumlah pelajar yang mengikuti UN di Kabupaten Manggarai tahun 2013 adalah 5.937 orang yang tersebar di 54 SMP dan MTS. Yang tertunda pelaksanaan Ujian Nasional di Flores Bagian Barat yakni Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai Timur karena pendistribusian naskah Ujian baru dilaksanakan hari ini. 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X