Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMPN Potowayburu Belum UN

Kompas.com - 24/04/2013, 08:34 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com - Sebanyak 13 siswa SMP Negeri Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh, Provinsi Papua, hingga hari ketiga pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP, Rabu (24/4/2013), belum mengikuti ujian karena kesulitan transportasi.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar Mimika, Fitria Fivie Palenewen, di Timika, Rabu, mengakui, pelaksanaan UN di SMP Negeri Potowayburu diundur lantaran kesulitan transportasi untuk pendistribusian naskah ujian dan petugas pengawas dari Timika.

"Memang betul, sampai hari ini SMP Negeri Potowayburu belum melaksanakan UN. Kami sudah buatkan laporan ke provinsi bahwa pelaksanaan UN di sekolah itu diundur sampai naskah ujian dan petugas pengawas tiba di Potowayburu," jelas Fitria.

Ia mengatakan, Dispendikdas Mimika sejak awal sudah mengantisipasi adanya kendala dalam pendistribusian naskah ujian ke sekolah-sekolah penyelenggara UN SMP di wilayah pedalaman. Distribusi naskah ujian ke sekolah-sekolah pedalaman dilakukan sejak hari Jumat (19/4/2013), dengan menggunakan transportasi sungai berupa perahu motor.

Namun berdasarkan laporan Potowayburu, kondisi cuaca di laut tidak bersahabat sehingga sejumlah perahu motor tidak berani berlayar ke wilayah itu.

Setelah pengiriman naskah ujian tidak bisa dilakukan melalui jalur laut, petugas pengawas menunggu jadwal penerbangan pesawat perintis Trigana Air dari Timika ke Potowayburu pada Selasa (23/4/2013). Meski sudah menunggu dari pagi hingga siang, pesawat tersebut belum juga berangkat karena ada kerusakan teknis.

"Petugas kami menunggu di Bandara Timika dari pagi sampai pukul 14.00 WIT karena pesawat mengalami kerusakan teknis. Akhirnya petugas kami pulang ke kantor," tutur Fitria.

Solusi selanjutnya, demikian Fitria, petugas pengawas yang langsung dipimpin oleh Sekretaris Dispendikdas Mimika, Yonas Lewerissa, diperintahkan berangkat ke Potowayburu untuk membawa naskah ujian pada Rabu dini hari menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Paumako Timika.

"Tadi subuh mereka sudah berangkat ke Potowayburu bersama Sekretaris Dispendikdas Mimika. Kami berharap perjalanan mereka tidak ada hambatan, sehingga siswa SMP Negeri Potowayburu bisa mengikuti UN, meskipun terlambat," kat Fitria.

Pelaksanaan UN tingkat SMP di sekolah-sekolah lainnya di Mimika sejauh ini berlangsung lancar, tanpa ada hambatan berarti.

UN tingkat SMP di Mimika diikuti sebanyak 2.358 peserta dari 33 SMP dan terbagi atas 28 sub rayon.

Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com