Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia SNMPTN Percaya pada Hasil UN

Kompas.com - 25/04/2013, 13:46 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski dalam pelaksanaannya sempat kocar-kacir, hasil Ujian Nasional (UN) tetap akan dijadikan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Mau tak mau, hasil UN ini tetap berpengaruh karena membuktikan bahwa siswa tersebut lulus pendidikan menengah atas.

Sekretaris Panitia Umum SNMPTN 2013, Rochmat Wahab, mengatakan bahwa pihaknya tidak mau ikut pusaran kisruh UN yang masih terus dibicarakan publik. Ia tetap akan fokus pada proses SNMPTN 2013 yang tetap memakai hasil UN sebagai salah satu syaratnya.

"Kami percaya saja dan tidak nuntut banyak. Kami jalankan proses seleksi ini sebaik mungkin," kata Rochmat kepada Kompas.com, Kamis (25/4/2013).

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya akan berlaku adil dalam menentukan mahasiswa baru yang lolos melalui SNMPTN 2013 ini. Menurutnya, hasil UN ini tetap dilihat karena sesuai syarat untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi, anak harus telah mengantongi ijazah atau surat bukti lulus dari jenjang sebelumnya.

Seperti diketahui, syarat yang harus dipenuhi peserta SNMPTN sebenarnya tidak terbatas pada hasil UN saja. Namun nilai anak dari kelas X hingga kelas XII per semesternya juga dijadikan patokan. Ditambah lagi, apabila siswa memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik akan menjadi pertimbangan sendiri bagi PTN yang hendak menerima.

"Jadi tidak perlu khawatir. Ini tugas negara harus dijalankan sebaik mungkin. Sudah ada solusinya, mari dijalankan dan kami dari perguruan tinggi juga terus mengawal proses UN ini," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com