Lembar Jawaban Sempat Dicuri

Kompas.com - 27/04/2013, 02:34 WIB
Editor

PONTIANAK, KOMPAS - Lembar jawaban ujian nasional Matematika yang telah diisi 215 peserta di SMP Negeri 2 Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, sempat hilang karena dicuri. Ujian susulan sempat dijadwalkan, tetapi kemudian batal karena lembar jawaban dikembalikan.

Ketua Panitia Ujian Nasional Kalimantan Barat Sunyata menjelaskan, lembar jawaban itu hilang saat hendak dibawa dari sekolah ke Dinas Pendidikan Kubu Raya, Rabu (24/4). ”Satu amplop lembar jawaban hilang karena dicuri orang dari mobil yang mengangkut lembar jawaban itu. Saat itu, pengirim lembar jawaban singgah untuk makan,” kata Sunyata, Jumat (26/4).

Panitia ujian nasional berkonsultasi dengan Universitas Tanjungpura dan disepakati UN Matematika harus diulang oleh 215 siswa itu karena lembar jawaban hilang sebelum diperiksa. Kamis sore, seorang warga mengantarkan satu amplop lembar jawaban Matematika itu ke Dinas Pendidikan Kubu Raya.

”Saat dikembalikan, amplop masih tersegel. Setelah diperiksa, semua lembar jawaban juga lengkap, tidak ada yang dimodifikasi. Dengan demikian, kami memutuskan bahwa ujian susulan tidak perlu dilakukan,” kata Sunyata. Ujian nasional di SMP Negeri 2 Sungai Kakap diikuti empat sekolah.

Sementara itu, 1.416 siswa dari 32 SMA di Kalimantan Selatan mengikuti ujian susulan mulai Kamis (25/4). Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan Ngadimun mengatakan, ujian susulan itu dilakukan karena sekolah terlambat menerima soal dan ada siswa yang sakit. (AHA/WER)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.