Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Alasan untuk Belajar Bahasa Italia

Kompas.com - 29/04/2013, 14:08 WIB
Rahman Indra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak alasan untuk belajar bahasa Italia saat ini. Kalau dulu mungkin orang yang belajar bahasa Italia terbatas untuk kepentingan tertentu seperti pariwisata, tetapi kini tidak lagi.

Meski bukan bahasa asing utama seperti bahasa Inggris, tetapi daya tarik studi tentang mode di Milan atau hasrat untuk mencicip kuliner yang menggiurkan mengharuskan seseorang untuk belajar bahasa Italia. Tidak hanya itu, bidang lain mulai dari sastra hingga sepak bola menarik banyak orang untuk mengenal dan memahami bahasa Italia.

"Bahasa Italia memang bukan bahasa utama yang dipelajari di sekolah, tapi bukan alasan untuk tidak mempelajarinya, banyak sekali faktor yang bisa dijadikan rujukan," ujar Faizah Soenoto, penyusun kamus Italia-Indonesia yang hadir dalam Open House Instituto Italiano di Cultura (IIC) Jakarta, Sabtu (27/4/2013).

Acara ini digelar selama satu hari penuh oleh pusat belajar bahasa Italia yang ada di Jl.Hos Cokroaminoto No.117 Menteng Jakarta ini dan dihadiri pula oleh Duta Besar Italia untuk RI Federico Failla. Di sini, para peminat budaya Italia bisa menikmati serta bertanya lebih jauh tentang Italia.

Selain itu juga ada talkshow bertema fashion Italia, peragaan busana siswa Instituto di Moda Burgo, presentasi mengenai belajar bahasa Italia dan program beasiswanya, belajar tari tradisional dan mengikuti festival folk di Italia, demo memasak, serta karaoke.

"Italia punya sejarah panjang yang sebenarnya tidak banyak yang tahu sangat terkait dengan Indonesia," tutur staf pengajar dari Italia di IIC, Jenny Yohana Kansil yang berasal dari Instituo di Moda Burgo Indonesia.

Misalkan rujukan dunia mode yang ada di Milan, masakan Italia yang disukai seperti pizza, atau sastra yang dulu dikenal soneta berasal dari soneto Italia.

"Jadi sudah ada banyak yang diinspirasi dari Italia, contoh lainnya, cerita anak-anak sejak 1800 yakni Pinokio," tambahnya.

Peluang bagi mereka yang belajar bahasa Italia menjadi sangat terbuka untuk benar-benar menikmati serta memahami Italia, termasuk melalui berbagai program beasiswa yang disediakan di IIC. Selain itu, kesempatan untuk berangkat ke Italia juga terbuka melalui sekolah mode seperti Instituo di Moda Burgo yang punya program studi ke Italia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com