Mereka Ingin Menabung Bukan untuk Mainan...

Kompas.com - 29/04/2013, 17:40 WIB
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com — Awalnya, yang ada di pikiran Masdar Fahmi tentang motivasi anak-anak usia sekolah dasar (SD) untuk menabung adalah untuk membeli mainan. Namun, jelas bukan hal itu yang ada di pikiran anak-anak SD Inpres Urat, Fakfak Timur.

Anak-anak yang dididiknya antusias bukan kepalang ketika diajak menyimpan uang yang telah disisihkan di tempat pensil. Dan mereka memiliki harapan-harapan sederhana atas uang yang mereka tabung.

Jawabannya: ingin membeli pena, buku, pensil, tas, sepatu, seragam, dan segala keperluan sekolah. Ada juga jawaban lain: beras, gula, biskuit, dan kebutuhan harian. Masdar pun terharu...

"Maaf, Pak Guru Berbohong!"


Kira-kira, jika ditanya ingin beli apa ketika punya uang tabungan, mau jawab apa? Dulu, ketika aku kecil, aku ingat betul, jika pertanyaan ini muncul, jawaban yang sudah pasti akan kukatakan adalah membeli mainan.

Beda sekali dengan jawaban anak-anakku di sekolah. Entah karena mereka tak punya referensi lain atau memang semangat belajarnya sungguh luar biasa. Aku bertanya, “Kira-kira manfaat apa yang bisa kita dapat jika rajin menabung?”

Jawaban polos, tapi seperti biasa selalu membuatku terharu. Jawaban mereka hampir senada, untuk membeli pena, buku, pensil, tas, sepatu, seragam dan segala keperluan sekolah lainnya. Ada juga jawaban, membeli beras, gula biskuit dan kebutuhan harian. Sedikit sekali yang menjawab : membeli mainan.

See? Kira-kira kenapa jawabannya bisa begini? Aku kok yakin, memang mereka ini semangat sekolahnya luar biasa ya...

So, menindaklanjuti keinginan mereka, maka aku tawarkan untuk merutinkan kegiatan menabung. Seminggu sekali di hari Rabu. Mereka pun antusias menyambut aktivitas barunya.

Euforia menabung sungguh terasa. Baru menabung kemarin, hari ini sudah ada banyak pertanyaan, “Pak guru, besok lai menabung?” (Pak guru besok juga menabung?) Dan jawabanku hampir selalu, “Kemarin kan sudah tho, ingat e, kitong menabung hari Ra...bu..” (Kemarin kan sudah, ingat ya kita menabung hari Rabu) Kataku pelan-pelan menjelaskan.

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X