Kompas.com - 02/05/2013, 12:50 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar sebuah konvensi nasional pada September nanti untuk membicarakan masalah-masalah di bidang pendidikan. Ujian nasional (UN) menjadi salah satu agenda yang akan dibahas dalam konvensi tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa pro dan kontra yang muncul terkait masalah pendidikan, terutama UN, hanya menghabiskan energi. Sementara solusi yang baik untuk masalah tersebut tidak pernah tercetus sehingga nyaris setiap tahun isu sama terus bergulir.

"Kita selalu saja kalau masuk bulan Maret atau April, ramai masalah UN. Ini sejak 2009 hingga saat ini. Walaupun rujukan dan PP-nya ada, masih banyak yang punya pendapat sendiri," kata Nuh saat konferesi pers seusai upacara Hari Pendidikan Nasional di Plaza Gedung A, Kemdikbud, Jakarta, Kamis (2/5/2013).

"Saat bertemu dengan PGRI, saya eksplisit menyampaikan bahwa kalau terus ada kontroversi, kita akan kehilangan energi cukup tinggi," katanya.

Nantinya, konvensi ini akan mengundang tokoh dari berbagai pihak yang memang peduli pada pendidikan. Baik yang pro maupun yang kerap kali melontarkan kritikan pedas kepada pemerintah terkait kebijakan pendidikan akan disatukan melalui konvensi ini sehingga akan muncul titik temu.

"Konvensi ini dilakukan agar ada kesepakatan nasional. Ini supaya kita tidak terjebak pada pro-kontra yang energinya tidak sedikit," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya konvensi ini dapat ditemukan jalan tengah terbaik untuk masalah-masalah pendidikan yang kerap menjadi sorotan. Saat ini, pihaknya akan melakukan analisis kondisi pendidikan yang ada dan mengambil pilihan yang tepat untuk narasumber.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Daripada menguras energi, ayo kita duduk bareng selesaikan bersama," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.