Kompas.com - 02/05/2013, 15:17 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendidikan merupakan sebuah vaksin sosial untuk bangsa yang mengalami tiga penyakit sosial besar, yaitu kemiskinan, ketidaktahuan, dan keterbelakangan peradaban. Untuk itu, masalah pendidikan harusnya menjadi sesuatu yang penting dan bukan hanya sekadar menjadi pelengkap dalam kehidupan sosial di negara ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa dengan pendidikan yang makin baik, Indonesia dapat terhindar dari tiga penyakit sosial tersebut sehingga mampu meningkatkan status sosial dan daya saing global.

"Tidak hanya jadi vaksin tapi juga jadi elevator sosial. Jadi pendidikan ini memang harus terus diperhatikan," kata Nuh saat memberi sambutan dalam upacara Hari Pendidikan Nasional di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Langkah yang telah dilakukan Kemdikbud untuk terus mengupayakan agar pendidikan ini dapat menyentuh semua kalangan adalah dengan memudahkan akses dan memberi bantuan beragam dari sisi pembiayaan. Dengan demikian, tidak ada alasan anak tidak sekolah karena kurang biaya.

"Sekarang ada BOS, beasiswa siswa miskin dan Bidik Misi. Itu langkah agar anak-anak terus mendapat pendidikan karena pada dasarnya kan memang Education For All," ujar Nuh.

"Penyaluran guru 3T juga terus dilakukan. Jadi dengan pendidikan ini bisa mengubah kondisi negara menjadi lebih baik," tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.