Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis: Lingkungan Pendidikan Belum Nyaman bagi Pelajar

Kompas.com - 02/05/2013, 15:25 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan massa dari kalangan LSM pemerhati pendidikan menggelar aksi teatrikal menyambut Hari Pendidikan di depan Gedung Negara Grhadi Surabaya, Kamis (2/5/2013).

Mereka mendesak semua steakholder di bidang pendidikan untuk mengubah citra pendidikan di semua jenjang, menjadi suasana yang nyaman dan menyenangkan. Dalam aksinya, para aktivis yang tergabung dalam Jaringan Aksi Pendidikan itu mengurung pelajar dalam sebuah kurungan ayam.

"Itu adalah gambaran dunia pendidikan saat ini, siswa terkesan dikurung paksa, dan tidak nyaman," kata salah satu orator aksi, Edy Setiatmoko.

Saat ini, kata dia, lingkungan pendidikan justru menjadi lingkungan yang menakutkan bagi siswanya, dari aspek guru yang kerap melakukan kekerasan dan tindakan cabul kepada anak didiknya, hingga aspek kurikulum, dengan Ujian Nasional yang menjadi proses pendidikan yang sangat menakutkan bagi semua siswa.

"Karena itu, kami mengimbau kepada pemerintah yang memiliki kekuasaan agar mengubah citra pendidikan sebagai tempat yang menyenangkan bagi anak didiknya," jelas Edy.

Dalam aksi itu, sejumlah aktivis perempuan juga terlihat membagi-bagikan buah jeruk kepada para pengguna jalan. Buah jeruk itu ditusuk dengan bendera kecil bertuliskan: "Sekolah Bukan Penjara. Segarkan..".

Selain dari kalangan aktivis LSM, unjuk rasa memperingati hari pendidikan juga digelar sejumlah elemen mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan Aliansi Perjuangan Rakyat yang terdiri dari FMN, FKPS, serta BEM Arrosyd. Isu utama yang mereka usung antara lain mendesak direalisasikannya pendidikan murah, coret Ujian Nasional, hingga desakan agar presiden SBY mencopot Kemendikbud M Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com