Kompas.com - 02/05/2013, 15:37 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) yang ikut bertanggung jawab terhadap kisruh ujian nasional (UN) ini tidak pernah memberi jawaban sehingga pihaknya memutuskan untuk menurunkan tim investigasi.

Inspektur Jenderal Itjen Kemdikbud, Haryono Umar, mengatakan bahwa sejak mendengar kabar adanya penyelewengan anggaran pengadaan barang dan jasa melalui proses tender Balitbang, pihaknya langsung menanyakan kebenarannya. Namun, karena tak ada jawaban, ia segera membentuk tim.

"Sudah minta ke Balitbang setelah dengar kabar itu, tapi enggak ada jawaban akhirnya kami nurunin tim. Tapi saat itu tidak dijawab mungkin karena sibuk mempersiapkan UN," kata Haryono seusai Upacara Hari Pendidikan Nasional di Plaza Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Meski sudah dilakukan investigasi tender sebelum UN dilaksanakan, pihaknya masih terus memperdalam, sehingga yang baru diserahkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan hanya hasil investigasi bagian pelaksanaan UN saja.

"Dari investigasi yang sudah selesai ini, Kemdikbud harus segera menindaklanjuti. Jangan sampai ada temuan lagi," ungkap Haryono.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan bahwa kekacauan yang terjadi pada pelaksanaan UN beberapa waktu lalu ada kaitan dengan masalah monitoring. Untuk itu, pihaknya akan segera menindaklanjuti dan mengambil sanksi yang sesuai.

"Ini kan dari monitoring-nya memang bermasalah. Tapi saya tidak mau menyalahkan karena saya juga ikut bertanggung jawab," tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.