Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balitbang Masih Bungkam soal UN

Kompas.com - 02/05/2013, 15:37 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) yang ikut bertanggung jawab terhadap kisruh ujian nasional (UN) ini tidak pernah memberi jawaban sehingga pihaknya memutuskan untuk menurunkan tim investigasi.

Inspektur Jenderal Itjen Kemdikbud, Haryono Umar, mengatakan bahwa sejak mendengar kabar adanya penyelewengan anggaran pengadaan barang dan jasa melalui proses tender Balitbang, pihaknya langsung menanyakan kebenarannya. Namun, karena tak ada jawaban, ia segera membentuk tim.

"Sudah minta ke Balitbang setelah dengar kabar itu, tapi enggak ada jawaban akhirnya kami nurunin tim. Tapi saat itu tidak dijawab mungkin karena sibuk mempersiapkan UN," kata Haryono seusai Upacara Hari Pendidikan Nasional di Plaza Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Meski sudah dilakukan investigasi tender sebelum UN dilaksanakan, pihaknya masih terus memperdalam, sehingga yang baru diserahkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan hanya hasil investigasi bagian pelaksanaan UN saja.

"Dari investigasi yang sudah selesai ini, Kemdikbud harus segera menindaklanjuti. Jangan sampai ada temuan lagi," ungkap Haryono.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan bahwa kekacauan yang terjadi pada pelaksanaan UN beberapa waktu lalu ada kaitan dengan masalah monitoring. Untuk itu, pihaknya akan segera menindaklanjuti dan mengambil sanksi yang sesuai.

"Ini kan dari monitoring-nya memang bermasalah. Tapi saya tidak mau menyalahkan karena saya juga ikut bertanggung jawab," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com