Kompas.com - 02/05/2013, 17:30 WIB
EditorBenny N Joewono

LANGKAT, KOMPAS.com - Ujian nasional untuk tingkat sekolah dasar sederejat yang ada di kabupaten Langkat Sumatera Utara akan diikuti 20.464 murid. "Persiapan untuk pelaksanaa ujian nasional tersebut sudah dilakukan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Langkat, Sujarno di Stabat, Kamis (2/5/2013).

Menurut dia, pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat sekolah dasar tersebut akan dilakukan dari tanggal 6-8 Mei 2013 mendatang. Peserta yang akan mengikuti ujian nasional tersebut 20.464 siswa, yang berasal dari 696 sekolah negeri dan swasta yang ada di Langkat ini.

"Adapun sekolah pelaksana ujian nasional tersebut terdiri dari 597 sekolah SD/MI/SDLB negeri dan 99 SD/MI swasta," ungkapnya.

Sujarno juga menjelaskan bila dilihat dari siswa yang akan mengikuti ujian nasional tersebut didominasi laki-laki sebanyak 10.456 murid, sedangkan perempuan 10.008 murid.

Untuk pelaksanaan pengawasan agar ujian tersebut berjalan lancar di berbagai sekolah akan diterjunkan sekitar 2.696 orang pengawas dari guru yang akan disilang ketika melakukan pengawasan. Para uru pengawas itu berasal dari SD/MI/SDLB negeri sebanyak 2.37 guru dan 322 guru berasal dari SD/MI swasta.

Pada bahagian lain Sujarno mengungkapkan ruang kelas yang akan dipergunakan pelaksanaan ujian nasional kali ini sebanyak 1.348 ruang, yang ada di sekolah negeri 1.187 ruang dan sekolah swasta 161 ruang.

Dirinya sangat mengharapkan ujian nasional untuk tingkat seklah dasar ini akan berjalan dengan lancar dan aman. "Kita sangat mempunyai keyakinan ujian nasional ini akan lancar dan berbagai persiapan demi suksesnya ujian tersebut sudah kita lakukan sejak jauh-jauh hari," kata Sujarno.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.