Kompas.com - 03/05/2013, 13:20 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil investigasi terkait dengan kisruh pelaksanaan Ujian Nasional (UN) diminta agar dibuka secara utuh kepada publik. Pasalnya, masalah UN beberapa waktu lalu ini telah berimbas pada kehidupan sosial, ekonomi dan politik yang ada di negara ini.

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Haryono Umar, mengatakan bahwa hasil investigasi yang telah diserahkan oleh Inspektorat Jenderal Kemdikbud dapat diungkapkan ke publik tanpa ada yang dikurangi. Dengan demikian, kredibilitas Kemdikbud dan juga Inspektorat tidak lagi diragukan.

"Maka itu kami buka. Apabila dibuka secara utuh, tentu tidak ada lagi yang meragukan hasil investigasi ini," kata Haryono di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) dan FITRA menyatakan keraguan pada kinerja Inspektorat Jenderal Kemdikbud. Menurut kedua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ini, Inspektorat Jenderal dinilai akan memihak pada Kemdikbud sehingga hasilnya tidak lagi netral.

"Nanti kita lihat saja hasilnya. Harus dibuka dengan lengkap supaya keliatan apa yang telah dilakukan," ujar Haryono.

Namun yang menjadi masalah apakah saat hasil investigasi yang dikerjakan baik oleh Inspektorat Jenderal akan dibuka utuh oleh pihak kementerian. Pasalnya, kewenangan untuk mengungkapkan hasil investigasi secara keseluruhan tersebut kini ada di tangan kementerian.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.