Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kampus Terbaik Versi TeSCA 2013

Kompas.com - 03/05/2013, 17:14 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com — PT Telekomunikasi Indonesia mengumumkan 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam aspek teknologi informasi dan komunikasi. Dalam acara yang digelar pada Rabu (1/5/2013), ke-10 perguruan tinggi tersebut menerima Telkom Smart Campus Award (TeSCA) – The ICT’s Smartests Campus 2013.

Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat teratas pemeringkatan TeSCA 2013. Diikuti oleh Universitas Gunadarma dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Muhammad Awaludin, mengatakan, penghargaan ini menjadi bagian untuk mendorong perguruan tinggi di Indonesia melakukan berbagai percepatan peningkatan kualitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam praktik belajar mengajar di kampus.

"Diharapkan perguruan tinggi di Indonesia beroleh potret yang lebih utuh tentang bagaimana sesungguhnya perguruan tinggi mampu meningkatkan daya saing dengan memanfaatkan ICT dan mengembangkan perguruan tinggi dengan standar kualitas setara World Class University," katanya seperti tertulis dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com.

Tahun ini, Telkom melakukan pemeringkatan terhadap 59 perguruan tinggi negeri dan 492 perguruan tinggi swasta. Jumlah kampus meningkat pesat dari lima tahun lalu yang hanya berjumlah 75 kampus.

Dalam rilis resmi dari pihak UI disebutkan, TeSCA – The ICT’s Smartests Campus 2013 ditentukan berdasarkan 11 indikator, yaitu:

1. tingkat konektivitas dari ICT yang digunakan
2. kelengkapan materi ICT
3. standar aplikasi (software) yang digunakan
4. kualitas literasi dosen dan visual yang menggunakan ICT
5. kebijakan yang mendukung ICT di kampus
6. manfaat ICT yang ada untuk masyarakat
7. partisipasi kampus dalam pendidikan nasional
8. ketersediaan sharing resource
9. fasilitas komputer yang memadai untuk penerapan ICT
10. penggunaan media IT yang ramah lingkungan
11. nilai penggunaan ICT yang ada untuk kegiatan penelitian yang berguna bagi masyarakat di sekitar kampus

UI raih tiga "awards"

Dalam TeSCA 2013 ini, UI sendiri meraih tiga penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Universitas Terbaik, Perguruan Tinggi Terbaik Wilayah Jawa, dan Universitas 10 Terbaik Nasional.

Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI) UI Prof Riri Fitri Sari mengatakan, ini adalah pencapaian UI untuk kelima kalinya sebagai "The Smartest Campus" di Indonesia. Menurutnya, UI memang berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi sivitas akademika yang kian familiar dengan solusi teknologi informasi dan komunikasi.

"Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat. Di samping itu, kebijakan, strategi, dan upaya untuk menerapkan green computing dan peningkatan layanan untuk perangkat bergerak terus dilakukan. Bandwidth, infrastruktur, dan aplikasi senantiasa untuk terus ditingkatkan dan dipelihara," demikian tertulis.

Berikut ini 10 besar kampus terbaik menurut TeSCA 2013 kategori nasional:

1. Universitas Indonesia
2. Universitas Gunadarma
3. Institut Teknologi Bandung
4. Universitas Padjadjaran
5. Universitas Airlangga
6. STMIK AMIKOM Yogyakarta  
7. Universitas Bina Nusantara
8. Universitas Komputer Indonesia
9. Universitas Gadjah Mada
10. Universitas Kristen Duta Wacana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com