Siswa SD Ujian Nasional di Pengungsian

Kompas.com - 05/05/2013, 05:45 WIB
Editor

MAJALENGKA, KOMPAS - Sebanyak 165 siswa di SD Negeri Cimuncang 2 yang menjadi korban pergerakan tanah di Blok Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, untuk sementara diungsikan ke 11 sekolah. Lokasinya tersebar di dua kecamatan.

Adapun 25 siswa kelas VI yang akan menghadapi ujian nasional (UN) pada Senin besok, diungsikan ke SDN Cimuncang 1.

Tindakan itu diambil menyusul tidak bisa difungsikannya SDN Cimuncang II akibat pergerakan tanah yang terjadi sejak 15 April lalu.

Hingga Sabtu (4/5), retakan bangunan sekolah makin parah. Sembilan bangunan di sekolah itu retak-retak. Begitu juga dengan tanah di halaman sekolah yang merekah dan ambles. Rekahan tanah itu selebar 2 meter, dan tanah ambles sekitar 0,5 meter.

Kepala SDN Cimuncang II E Dedih Sutarman mengatakan, selama tiga pekan masa pengungsian, siswa disebar ke Kecamatan Malausma dan Kecamatan Talaga. Kendati demikian, siswa sebagian besar masih berada di wilayah Malausma.

”Siswa antara lain diungsikan ke SDN Ciranca 1-3, Cimuncang 3-4, Lebakwangi 1-3, Warasari 1, Jagamulya 1, Lampuyang 1, dan ada juga yang dibawa orangtuanya ke Jatiwangi,” ungkapnya.

Untuk mendampingi siswa-siswa tersebut, sembilan guru yang bertugas di SDN Cimuncang 2 bergantian keliling ke 11 sekolah tempat siswa mereka diungsikan. Khusus untuk menghadapi UN, siswa dititipkan ke SDN Cimuncang 1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah Dinas Pendidikan Kecamatan Malausma Nono Darsono mengatakan, pihaknya sudah mendata setiap siswa yang menjadi korban pergerakan tanah. Siswa-siswa itu diberikan bantuan Rp 50.000 per orang. (REK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.