Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Absen Ujian, Tak Perlu Panik, Ada Ujian Susulan

Kompas.com - 07/05/2013, 21:44 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Dada Rosada mengimbau siswa SD yang tidak ikut ujian nasional (UN) pada hari pertama dan kedua tak perlu panik karena masih ada ujian susulan pekan depan.

"Siswa yang tidak ikut UN tidak perlu panik, masih ada kesempatan ujian susulan. Tetap fokus dan semuanya ada jalan," kata Dada Rosada saat meninjau di SD Percobaan Negeri Setiabudi, Selasa (7/5/2013).

Berdasarkan data dari panitia pelaksana UN Kota Bandung, pada hari pertama sebanyak 37 siswa tidak ikut UN karena sakit atau alasan lain. Menurut Wali Kota, jumlah peserta UN tingkat SD di Kota Bandung mencapai 42.217 siswa yang digelar di 743 SD di Kota Kembang yang terbagi dalam 17 subrayon.

"Hingga hari kedua, pelaksanaan UN tingkat SD di Kota Bandung berjalan lancar. Semuanya lebih siap, termasuk untuk menggelar UN susulan nanti," kata Dada.

Ia berharap tingkat kelulusan UN SD di Kota Bandung mencapai 100 persen seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Pemkot Bandung melalui Dinas Pendidikan Nasional Kota Bandung memfasilitasi siswa atau lulusan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP dan menghindari adanya putus sekolah.

Dinas Pendidikan  Kota Bandung, seperti diungkapkan oleh Kadisdik Oji Mahroji, telah memiliki titik-titik rawan putus sekolah yang diantisipasi melalui beberapa program di sektor pendidikan.

Sementara itu, pemantauan UN pada hari kedua di Kota Bandung dilakukan Dada Rosada di luar ruangan dan menunggu siswa UN selesai mengerjakan soal. "Saya meminta peserta UN tetap fokus dan menyelesaikan UN pada hari ketiga besok dengan lancar. Jaga kondisi dan keselamatan di jalan," kata Dada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com