Kompas.com - 07/05/2013, 22:55 WIB
EditorBenny N Joewono

GORONTALO, KOMPAS.com - Kepolisian Sektor Kota Timur Gorontalo mengusut dugaan upaya pembocoran soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar Tahun 2013 setelah berhasil menyita sejumlah barang bukti.

Kepala Kepolisian Sektor Timur Gorontalo, IPTU Bayu Tri Nugraha Hidayat mengatakan, pada Selasa pukul 08.30 pihaknya menerima laporan dari salah seorang anggota Polair Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo bahwa telah terjadi dugaan pembocoran soal UN tingkat Sekolah Dasar Tahun 2013.

Seorang anggota Polair itu kebetulan singgah di UD Surya Kertas di Jalan Jalaludin Tantu Nomor 20 Kota  Gorontalo untuk sebuah keperluan tiba-tiba melihat salah seorang wanita yang sedang memfoto copy sebuah soal UN.

"Karena dia curiga maka diperiksalah lembaran yang di hendak di foto copy oleh wanita itu dan ternyata kecurigaanya terbukti bahwa itu adalah soal UN," Kata Bayu, Selasa (7/5/2013).

Mendapati hal tersebut di anggota polair menghubungi kantor kepolisian terdekat yang saat itu adalah Polsek Kota Timur. Terhadap hasil temuan itu Bayu menjelaskan bahwa pihaknya masih akan mengusut kasus dugaan pembocoran soal UN untuk mata pelajaran Matematika itu.

"Kita sudah mengantongi dua nama pelaku akan belum kita tahan, besok baru kita periksa," ujar Bayu.

Jika terbukti nanti kata Bayu, para pelaku bisa dijerat dengan pasal 112 karena sengaja membocorkan dokumen negara dan dapat diancam dengan hukuman penjara maksimal Lima hingga Enam Tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.