Hari Bersejarah untuk 8 Bidadari Kecilku

Kompas.com - 08/05/2013, 13:50 WIB
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com - Hari itu adalah hari spesial bagi penduduk desa Labuan Kananga, Tambora, Bima karena kedatangan sejumlah tamu asing. Hari itu pula menjadi hari yang bersejarah bagi anak-anak didik Morinta Rosandini di SDN 01 Labuan Kananga.

Untuk pertama kalinya, delapan bidadari kecilnya mempersembahkan tarian tradisional mereka sendiri di depan khalayak ramai. Biasanya, mereka hanya menari menyemarakkan panggung acara di desa itu dengan diiringi lagu-lagu yang sedang hits di televisi.

Sebagai pengajar muda, Morinta bahagia karena bisa mendorong anak-anaknya untuk mengembangkan bakat sekaligus mengenalkan lebih dekat dengan budaya asli mereka, melatih kemampuan dasar bahasa asing, mengukur kemampuan motorik serta kembali melatih keberanian mereka untuk tampil di depan orang banyak.

Morinta percaya, kolaborasi antara wawasan, keahlian, pemahaman budaya dan keberanian menjadi modal yang baik bagi generasi muda di daerah untuk membangun masa depan mereka dan daerah asal mereka.


"Tourist Day in Labuan Kananga!"


My name is Tiara”

Suara Tiara kecil lantang menjawab pertanyaan dari tamu kebesaran hari ini di Desa Labuan Kananga. Dilanjutkan dengan suara-suara kecil lainnya yang tanggap menjawab pertanyaan yang sama. Tiara dan suara-suara kecil itu adalah murid-murid ku di sekolah. Mereka berebut untuk bertemu dan berbincang dengan tamu kebesaran kami hari ini. Tamu kali ini bukanlah sembarang tamu, mereka datang khusus ke desa kami untuk melihat kebudayaan desa, keindahan alamnya, dan berinteraksi dengan masyarakat.

Desa Labuan Kananga merupakan pusat ‘kota’ kecamatan, disinilah pusat pemerintahan kecamatan Tambora berada. Desa yang cukup ramai padat oleh penduduk mayoritas bersuku Bima, 80% warganya adalah dou mbojo atau orang Bima asli, namun ada pula suku Sasak dan suku Bali yang hidup di dusun tersendiri. Desa ini memiliki potensi alam yang kaya, penduduknya hidup dengan berladang, beternak dan pergi melaut. Jika memandang ke arah timur maka akan terlihat hamparan ladang hijau di kaki gunung Tambora, dan ketika kita menolehkan pandangan ke arah barat, mata ini akan dimanjakan dengan kilauan laut biru di pesisir pantai laut Flores.

Jika kita memandang lebih jauh menuju laut Flores maka pandangan akan tertuju pada sebuah pulau kecil di seberang, pulau Satonda namanya. Pulau Satonda memiliki daya tarik wisata yang luar biasa, kesitimewaan Satonda terletak pada pasir putihnya, terumbu karang, hewan laut yang didup di dalamnya, serta danau asin yang terletak di tengah-tengah pulau tersebut. Danau asin yang memiliki nilai historis yang berhubungan dengan meletusnya gunung Tambora di tahun 1815. Sehingga banyak turis asing maupun domestik yang datang berkunjung ke pulau Satonda. Lengkap sudah potensi yang dimiliki oleh desa kami, desa Labuan Kananga. Tempat melabuhkan seribu kenangan.

Hari ini di desa Labuan Kananga menjadi hari yang spesial dengan kedatangan tamu kebesaran kami, mereka berjumlah puluhan, mungkin ada 40 orang, semua berasal dari Amerika. Hari ini pun menjadi hari bersejarah bagi anak-anak muridku, inilah kali pertama nya mereka tampil menari mempersembahkan tarian budaya Bima di depan khalayak ramai, di depan orang tua, guru-guru, masyarakat desa dan tentunya di depan tamu besar kami. Ya, inilah kali pertama mereka menari tarian budaya mereka sendiri. Mereka terlihat sangat cantik dan menggemaskan, dengan menggunakan baju adat Bima, pinjaman dari seorang warga desa, serta hiasan kepala yang semalam tadi kami buat dari kertas emas, dan balutan tembe nggoli (kain sarung tradisional Bima), yang mereka pinjam dari ibu atau nenek mereka. Mereka cantik seperti bidadari desa. Mereka adalah anak-anak desa Labuan Kananga yang tak habis membuatku kagum dan bangga pada mereka.

Halaman:
Baca tentang


    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X