Kompas.com - 11/05/2013, 13:13 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengunduran diri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Prof Khairil Anwar Notodiputro diacungi jempol oleh anggota Komisi X DPR RI, Itet Tridjajati Sumarijanto.

"Saya pribadi sangat menyesalkan pengunduran diri Prof Khairil. Namun demikian, saya angkat jempol dengan sikap sportif dan gentleman yang ditunjukkan Prof Khairil," kata Itet dalam keterangan persnya, Sabtu (11/5/2013).

Namun, Itet mempertanyakan di balik pengunduran diri Khairil tersebut. Dia ingin memastikan pengunduran diri tersebut merupakan inisiatif pribadi atau karena ada desakan pihak lain

Menurut Itet, sebenarnya Khairil tidak perlu mengundurkan diri karena persoalan kegagalan UN 2013 sendiri merupakan tanggung jawab dari Mendikbud M Nuh.

"Dalam hal ini, Mendikbud sangat arogan dengan keluarkan instruksi yang tidak sesuai tupoksi dari Balitbang terkait pengerjaan penggandaan soal dan distribusi soal UN tersebut. Ini jelas-jelas tidak sesuai dengan tupoksinya," ujar Itet.

Selain itu, Mendikbud juga dinilain otoriter dengan memberikan instruksi tidak sesuai dengan tupoksi lembaga di internal Kemdikbud sendiri. Akibatnya, mereka berjalan sendiri-sendiri tanpa ada koordinasi yang jelas dan berbuntut dengan kegagalan UN 2013 sendiri.

"Di samping itu, Mendikbud juga terkesan menyalahkan dan melemparkan tanggung jawab kepada anak buahnya. Dalam hal ini, seharusnya sebagai anak buah Mendikbud, Kabalitbang berani bersuara jika kegagalan UN sepenuhnya bukan tanggung jawab Balitbang," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Balitbang Kemdikbud Khairil Anwar Notodiputro mengundurkan diri sebagai buntut dari kekacauan penyelenggaraan UN 2013. (Muhammad Zulfikar)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.