Kompas.com - 14/05/2013, 14:51 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

SEMARANG, KOMPAS.com - Puluhan sekolah tingkat SMA di Jawa Tengah memamerkan sejumlah karya terbaik siswanya dalam gelaran pameran inovasi di Museum Ronggowarsito, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (14/5/2013).

Salah satunya Asa Taufikurahman dari SMA 1 Kebumen yang memperlihatkan sebuah alat hasil inovasi bersama teman-temannya. Munculnya penemuan dan pengembangan alat tersebut terinspirasi dengan potensi alam Indonesia terutama lautnya.

Para siswa tersebut mulai merancang sebuah alat yang mampu memanfaatkan gelombang laut yang dikonversi menjadi penggerak perahu bertenaga listrik. Sistem kerjanya dari permodelan telnologi bandul sebagai pembangkit tenaga listrik. Bandul yang dipengaruhi gerakan gelombang laut akan memutar generator.

"Pengembangan ini sebagai wujud menemukan energi alternatif pengganti minyak fosil yang kian menipis," jelas Asa. Dari hasil jerih payahnya kelompok siswa ini mendapatkan juara 1 perlombaan energi alternatif di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.