Kompas.com - 14/05/2013, 14:58 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar ke Perancis terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, Direktur Institut Prancis di Indonesia, Bertrand de Hartingh, mengakui bahwa jumlah saat ini belum sesuai dengan target yang diharapkan.

Bertrand mengatakan tahun ini jumlah mahasiswa Indonesia yang berangkat ke Perancis berjumlah 500 mahasiswa. Tahun depan, pemerintah Perancis menargetkan 600 mahasiswa yang berangkat ke negara tempat berdirinya Menara Eiffel itu.

"Sekitar tahun 2001 hanya sekitar tujuh orang saja. Nah, pada tahun ini ada 500 mahasiswa. Target tahun depannya, sekitar 600 mahasiswa yang bisa datang ke Perancis," ujar Bertrand di Grand Ballroom Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Oleh karena itu, Kedutaan Besar Perancis melalui Institut Francais Indonesia menggelar pertemuan perusahaan-alumni Indonesia-Perancis pada hari ini. Selain untuk membuka kesempatan kerja bagi para alumni, ajang ini juga ditujukan untuk mendongkrak jumlah masyarakat Indonesia yang ingin ke Perancis terutama untuk melanjutkan pendidikan.

Menurut Bertrand, banyak manfaat yang bisa dipetik oleh masyarakat Indonesia dan Perancis dengan kedatangan para mahasiswa Indonesia ke Perancis. Masyarakat Perancis, lanjutnya, dapat langsung mengenal budaya Indonesia.

"Jadi kan orang-orang di Perancis dapat langsung tahu seperti apa Indonesia dan masyarakatnya," ungkap Bertrand.

Selanjutnya, pertemuan ini juga menjadi ajang untuk mempererat kerja sama antara Indonesia dan Perancis khususnya di bidang pendidikan dan pengembangan usaha. Dengan demikian, akan memudahkan langkah dua negara ini ke depannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kerja sama kami tidak terbatas hanya perusahaan dan perguruan tinggi saja. Tapi juga politeknik, SMA, SMK. Pokoknya kami ingin, Indonesia mendapat manfaat dan begitu juga sebaliknya," tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.