Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa untuk Mengenang Margaret Thatcher, Siapa Mau?

Kompas.com - 15/05/2013, 10:58 WIB

KOMPAS.com - Universitas terkemuka dunia, Oxford, mengenang mendiang Margaret Thatcher dengan menyediakan beasiswa senilai 153 juta dollar AS. Beasiswa yang diberi nama Margaret Thatcher Scholarship Trust itu ditujukan untuk mendidik para pemimpin masa depan.

Rencananya setiap tahun akan dipilih 10 penerima beasiswa dari seluruh dunia dengan prioritas para calon yang berasal dari latar belakang ekonomi bawah, seperti dilaporkan harian Inggris, Daily Telegraph.

Didukung oleh mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, dan mantan Presiden Amerika Serikat, George Bush Sr, beasiswa ini diharapkan bisa memberi peluang bagi kaum muda yang tidak mampu untuk menikmati pendidikan di Universitas Oxford, salah satu lembaga pendidikan Inggris kelas dunia.

Thatcher, yang mendapat julukan Wanita Besi, menjabat perdana menteri Inggris periode 1979-1990 dan Klik meninggal dunia pada 8 April 2013 dalam usia 87 tahun.

Di masa pemerintahannya, dia dikenal dengan kepemimpinan yang tegas walau dia tidak populer di kalangan kelas pekerja Inggris karena dianggap terlalu berpihak kepada perusahaan-perusahaan besar.

Sekelompok orang bahkan sempat merayakan kematiannya sebagai ungkapan atas kemarahan mereka atas kebijakan Thatcher walau perayaan itu dikecam oleh politisi dan sebagian besar warga Inggris. Salah seorang temannya, Charles Powell, mengatakan para pendukung dana beasiswa menempatkan Thatcher sebagai tokoh sejarah.

"Mereka melihatnya sebagai tokoh sejarah dan ingin memiliki kaitan dengan cara mengenang warisannya. Warisannya sampai ke luar politik, melebihi kesombongannya."

Lahir dari keluarga pemilik toko kelontong, Thatcher bersekolah di Somerville College, Universitas Oxford, sebelum terjun ke politik dan menjadi perdana menteri perempuan pertama di Inggris.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com