Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Raya Cibodas Berikan Pendidikan Lingkungan

Kompas.com - 17/05/2013, 09:11 WIB
Ismail Z

Penulis

CIANJUR, KOMPAS.com - Guna meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup sejak usia dini, khususnya pada konservasi keanekaragaman hayati, Kebun Raya Cibodas melakukan program pendidikan lingkungan bagi para pelajar di Jawa Barat.

Demikian disampaikan Hubungan Masyarakat (Humas) Kebun Raya Cibodas Tatang di Cibodas, Kamis (16/5/2013).

Menurut Tatang, selain menjalankan tugas inventarisasi dan konservasi, kebun raya juga melakukan kegiatan edukasi tentang lingkungan hidup. "Kegiatan edukasi ini kami lakukan dengan datang langsung ke sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA di Jawa Barat, atau mengundang mereka ke kebun raya," kata Tatang.

Program pendidikan yang dilakukan sejak tahun 1999 itu antara lain wisata flora, perindangan sekolah, pembuatan kebun botani sekolah, perbanyakan tanaman dan lainnya. Hingga saat ini, program ini sudah diikuti sekitar 8.460 siswa yang berasal dari 578 sekolah mulai dari SD, SMP sampai SMA di enam kabupaten di wilayah Jawa Barat.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan dengan harapan bisa menumbuhkan kesadaran sejak usia dini tentang pentingnya menjaga lingkungan. Apalagi saat ini semakin banyak sekolah yang membutuhkan perindangan serta menjalankan program sekolah sehat," ungkap Tatang.

Tatang menambahkan, program tersebut bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lain asalkan memiliki komitmen dan keseriusan untuk melakukan perawatan.

"Kendala yang kami hadapi dalam program ini adalah kesadaran pihak sekolah yang karena kesibukannya seringkali lupa melakukan perawatan tanaman. Selain itu, tidak semua sekolah memiliki area untuk penanaman. Sehingga jika tidak bisa membuat kebun botani, kami lebih menekankan kepada pemberian materi," tambah Tatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com